أَخْبَرَنَاأَبُو مَعْمَرٍ إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْعَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ أَبِي حَازِمٍعَنْ أَبِيهِ عَنْ سَهْلِبْنِ سَعْدٍ قَالَ رَأَيْتُرَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِفَكَبَّرَ فَكَبَّرَ النَّاسُ خَلْفَهُ ثُمَّ رَكَعَ وَهُوَعَلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُفَنَزَلَ الْقَهْقَرَى فَسَجَدَ فِي أَصْلِ الْمِنْبَرِثُمَّ عَادَ حَتَّى فَرَغَمِنْ آخِرِ صَلَاتِهِ قَالَأَبُو مُحَمَّد فِي ذَلِكَ رُخْصَةٌلِلْإِمَامِ أَنْ يَكُونَ أَرْفَعَمِنْ أَصْحَابِهِ وَقَدْرُ هَذَا الْعَمَلِ فِيالصَّلَاةِ أَيْضًا
Telah mengabarkan kepada kami Abu Ja'far Isma'il bin Ibrahim dari Abdul Aziz bin Abu Hazim dari Ayahnya dari Sahl bin Sa'd ia berkata, "Saya melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam duduk di atas mimbar, kemudian beliau bertakbir dan orang-orang bertakbir di belakangnya. Beliau kemudian rukuk di atas mimbar, kemudian mengangkat kepala lalu turun dan mundur ke belakang, lalu beliau sujud di lantai sebelah mimbir tingkat yang paling bawah. Setelah itu beliau kembali lagi ke mimbar, hingga selesai dari shalatnya." Abu Muhammad berkata, "Hadits itu menunjukkan adanya keringanan bagi seorang imam untuk berada lebih tinggi daripada orang lain, dan ini juga berlaku dalam shalat."