SUNAN AD-DARIMI KITAB MUKADDIMAH No: 360 Bab: Keutamaan ilmu dan orang alim

Posted by Unknown on Rabu, 22 Mei 2013




أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَاصِمٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ هُوَ ابْنُ سَلَمَةَ عَنْ عَاصِمٍ عَنْ زِرٍّ قَالَ غَدَوْتُ عَلَى صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ الْمُرَادِيِّ وَأَنَا أُرِيدُ أَنْ أَسْأَلَهُ عَنْ الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ فَقَالَ مَا جَاءَ بِكَ قُلْتُ ابْتِغَاءُ الْعِلْمِ قَالَ أَلَا أُبَشِّرُكَ قُلْتُ بَلَى فَقَالَ رَفَعَ الْحَدِيثَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَطْلُبُ

Telah mengabarkan kepada kami 'Amr bin 'Ashim telah menceritakan kepada kami Hammad Ibnu Salamah, dari 'Ashim dari Zirrin ia berkata: "Pagi-pagi aku pergi menemui Shafwan bin Assal Al Muradi dan aku ingin bertanya tentang mengusap bagian atas khuf (semacam sepatu dari kulit), maka dia berkata: 'Apa yang mendorongmu menemuiku? ' Aku menjawab: 'untuk mencari ilmu'. Di berkata: 'Maukah kamu aku beri kabar gembira? ', Aku menjawab: 'Ya'. Maka dia berkata: "hadits ini dimarfu'kan kepada Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: 'Para Malaikat menaungi dengan sayapnya untuk para penuntut ilmu karena ridha terhadap yang mereka cari' ".