حَدَّثَنَابِشْرُ بْنُ الْحَكَمِ حَدَّثَنَاعَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَأَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُسَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِاللَّهِ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْصَاحِبِ إِبِلٍ لَا يَفْعَلُفِيهَا حَقَّهَا إِلَّا جَاءَ يَوْمَالْقِيَامَةِ أَكْثَرُ مَا كَانَتْ قَطُّوَأُقْعِدَ لَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍتَسْتَنُّ عَلَيْهِ بِقَوَائِمِهَا وَأَخْفَافِهَا وَلَا صَاحِبِ بَقَرٍلَا يَفْعَلُ فِيهَا حَقَّهَا إِلَّاجَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُمَا كَانَتْ قَطُّ وَأُقْعِدَلَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَنْطَحُهُبِقُرُونِهَا وَتَطَؤُهُ بِقَوَائِمِهَا وَلَا صَاحِبِ غَنَمٍلَا يَفْعَلُ فِيهَا حَقَّهَا إِلَّاجَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُمَا كَانَتْ وَأُقْعِدَ لَهَابِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَنْطَحُهُ بِقُرُونِهَا وَتَطَؤُهُ بِأَظْلَافِهَا لَيْسَ فِيهَا جَمَّاءُوَلَا مَكْسُورَةٌ قَرْنُهَا وَلَا صَاحِبِ كَنْزٍلَا يَفْعَلُ فِيهِ حَقَّهُ إِلَّاجَاءَ كَنْزُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًاأَقْرَعَ يَتْبَعُهُ فَاتِحًا فَاهُ فَإِذَا أَتَاهُفَرَّ مِنْهُ فَيُنَادِيهِ خُذْكَنْزَكَ الَّذِي خَبَّأْتَهُ قَالَفَأَنَا عَنْهُ غَنِيٌّ فَإِذَارَأَى أَنَّهُ لَا بُدَّمِنْهُ سَلَكَ يَدَهُ فِيفَمِهِ فَيَقْضِمُهَا قَضْمَ الْفَحْلِ قَالَأَبُو الزُّبَيْرِ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ يَقُولُهَذَا الْقَوْلَ ثُمَّ سَأَلْنَا جَابِرَبْنَ عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَمِثْلَ قَوْلِ عُبَيْدِ بْنِعُمَيْرٍ قَالَ وَقَالَ أَبُوالزُّبَيْرِ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ يَقُولُقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَاللَّهِ مَا حَقُّ الْإِبِلِقَالَ حَلَبُهَا عَلَى الْمَاءِ وَإِعَارَةُدَلْوِهَا وَإِعَارَةُ فَحْلِهَا وَمَنْحُهَا وَحَمْلٌ عَلَيْهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِأَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ الرَّبِيعِ حَدَّثَنَاأَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْالْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ عَنْأَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَبِبَعْضِ هَذَا الْحَدِيثِ
Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Hakam telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij ia berkata, telah mengabarkan kepadaku Abu Az Zubair bahwa ia mendengar Jabir bin Abdullah berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah pemilik unta yang tidak melakukan haknya melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada dahulunya dan orang tersebut didudukkan di hadapannya pada tanah terbuka yang datar, hewan-hewan tersebut menyepak pemiliknya dengan kaki dan sepatunya. Dan tidaklah pemilik sapi yang tidak melakukan haknya kecuali melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada dahulunya dan pemiliknya didudukkan di hadapannya pada tanah terbuka yang datar, hewan tersebut menanduknya dengan tanduknya dan menginjaknya dengan kaki-kakinya. Dan tidaklah pemilik kambing yang tidak melakukan haknya melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada dahulunya dan pemiliknya di dudukkan di hadapannya pada tanah terbuka yang datar, hewan tersebut menanduknya dengan tanduknya dan menginjaknya dengan sepatu-sepatunya. Pada hari Kiamat tidak ada kambing yang tidak bertanduk dan tidak ada yang bertanduk patah. Dan tidaklah orang yang memiliki barang timbunan yang tidak melakukan haknya melainkan barang timbunannya akan datang pada hari Kiamat sebagai ular botak yang mengikutinya dengan membuka mulutnya. Apabila ular tersebut datang kepadanya, maka ia akan lari darinya, kemudian ular tersebut berseru kepadany, 'Ambillah barang timbunanmu yang telah engkau sembunyikan.' Pemiliknya berkata, 'Aku tidak butuh kepadanya.' Kemudian apabila ia melihat bahwa ia harus mengambilnya, maka ia memasukkan tangannya ke dalam mulutnya, kemudian ular tersebut mematahkannya dengan giginya sebagaimana pejantan menggigit menggunakan giginya." Abu Az Zubair berkata, "Saya mendengar 'Ubaid bin 'Umair mengatakan perkataan ini, maka kami pun bertanya kepada Jabir bin Abdullah, dan ia juga mengatakan sebagaimana perkataan 'Ubaid bin 'Umair." Ibnu Juraij berkata, " Abu Az Zubair berkata, "Saya mendengar 'Ubaid bin 'Umair berkata, "Seorang laki-laki berkata, "Wahai Rasulullah, apakah hak unta?" Beliau menjawab: "Memerahnya setelah memberi minum, meminjamkan embernya, meminjamkan pejantannya, meminjamkan (untuk diambil manfaatnya) dan memberinya muatan di jalan Allah." Telah mengabarkan kepada kami Al Hasan bin Ar Rabi' telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Al A'masy dari Al Ma'rur bin Suwaid dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan sebagian hadits ini."