SUNAN AD-DARIMI KITAB SHALAT No:1281 Larangan mendahului imam dengan ruku" atau sujud

Posted by Unknown on Kamis, 04 Juli 2013


أَخْبَرَنَاأَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْمُحَمَّدِ بْنِ عَجْلَانَ عَنْمُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِحَبَّانَ عَنْ ابْنِ مُحَيْرِيزٍعَنْ مُعَاوِيَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَقَالَ إِنِّي قَدْ بَدَّنْتُفَلَا تَسْبِقُونِي بِالرُّكُوعِ وَلَا بِالسُّجُودِ فَإِنِّيمَهْمَا أَسْبِقُكُمْ حِينَ أَرْكَعُ تُدْرِكُونِيحِينَ أَرْفَعُ وَمَهْمَا أَسْبِقُكُمْ حِينَ أَسْجُدُ تُدْرِكُونِيحِينَ أَرْفَعُ

Telah mengabarkan kepada kami Abu Al Walid Ath Thayalisi telah menceritakan kepada kami Al Laits bin Sa'd dari Muhammad bin 'Ajlan dari Muhammad bin Yahya bin Habban dari Ibnu Muhairiz dari Mu'awiyah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya aku telah tua dan gemuk, maka janganlah kalian mendahuluiku melakukan rukuk dan sujud. Sesungguhnya bagaimanapun saya mendahului kalian ketika melakukan rukuk, kalian akan dapat mengejarku ketika aku mengangkat kepala dari rukuk, dan bagaimanapun saya mendahului kalian ketika sujud, kalian akan dapat mengejarku ketika aku mengangkat kepala dari sujud."