HADIST QUDSI NO 14. Menyewa Hingga Tengah Hari

Posted by Unknown on Jumat, 26 April 2013




TERDAPAT DALAM Kitab Nomor 2268

SANAD: Abdullah bin 'Umar bin Al Khaththab bin Nufail - Nafi' maula Ibnu 'Umar - Ayyub bin Abi Tamimah Kaysan - Hammad bin Zaid bin Dirham - Sulaiman bin Harb bin Bujail

حَدَّثَنَاسُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَاحَمَّادٌ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْنَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَرَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَنِالنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ قَالَ: ” مَثَلُكُمْ وَمَثَلُ أَهْلِ الكِتَابَيْنِ، كَمَثَلِرَجُلٍ اسْتَأْجَرَ أُجَرَاءَ، فَقَالَ: مَنْ يَعْمَلُ لِيمِنْ غُدْوَةَ إِلَى نِصْفِ النَّهَارِعَلَى قِيرَاطٍ؟ فَعَمِلَتِ اليَهُودُ، ثُمَّ قَالَ: مَنْيَعْمَلُ لِي مِنْ نِصْفِالنَّهَارِ إِلَى صَلاَةِ العَصْرِعَلَى قِيرَاطٍ؟ فَعَمِلَتِ النَّصَارَى، ثُمَّ قَالَ: مَنْيَعْمَلُ لِي مِنَ العَصْرِإِلَى أَنْ تَغِيبَ الشَّمْسُعَلَى قِيرَاطَيْنِ؟ فَأَنْتُمْ هُمْ، فَغَضِبَتِاليَهُودُ، وَالنَّصَارَى، فَقَالُوا: مَا لَنَا أَكْثَرَعَمَلًا، وَأَقَلَّ عَطَاءً؟ قَالَ: «هَلْ نَقَصْتُكُمْمِنْ حَقِّكُمْ؟» قَالُوا: لاَ، قَالَ: «فَذَلِكَ،فَضْلِي أُوتِيهِ مَنْ أَشَاءُ»

Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami Hammad dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu’Umar radliallahu ‘anhuma dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perumpamaan kalian dibandingkan Ahul Kitab seperti seseorang yang menyewa para pekerja yang dia berkata; “Siapa yang mau bekerja untukku dari pagi hingga pertengahan siang dengan upah satu qirath, maka orang-orang Yahudi melaksanakannya. Kemudian dia berkata, “Siapa yang mau bekerja untukku dari pertengahan siang hingga shalat ‘Ashar dengan upah satu qirath, maka orang-orang Nashrani mengerjakannya. Kemudain orang itu berkata, lagi: “Siapa yang mau bekerja untukku dari ‘Ashar hinga terbenamnya matahari dengan upah dua qirath, maka kalianlah orang yang mengerjakannya. Maka orang-orang Yahudi dan Nashrani marah seraya berkata: “Bagaimana bisa, kami yang mengerjakan lebih banyak pekerjaan namun lebih sedikit upah yang kami terima!” Lalu orang itu berkata: “Apakah ada hak kalian yang aku kurangi?” Mereka menjawab: “Tidak ada”. Orang itu berkata: “Itulah karunia dariku yang aku memberikannya kepada siapa yang aku kehendaki”.