SUNAN AD DARIMI KITAB PUASA No:1621 Larangan puasa pada hari yang diragukan

Posted by Unknown on Kamis, 30 Mei 2013



حَدَّثَنَاعَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍحَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ حَدَّثَنَاحَاتِمُ بْنُ أَبِي صَغِيرَةَعَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍقَالَ أَصْبَحْتُ فِي يَوْمٍ قَدْأُشْكِلَ عَلَيَّ مِنْ شَعْبَانَأَوْ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَفَأَصْبَحْتُ صَائِمًا فَأَتَيْتُ عِكْرِمَةَ فَإِذَا هُوَ يَأْكُلُخُبْزًا وَبَقْلًا فَقَالَ هَلُمَّ إِلَىالْغَدَاءِ فَقُلْتُ إِنِّي صَائِمٌ فَقَالَأُقْسِمُ بِاللَّهِ لَتُفْطِرَنَّ فَلَمَّا رَأَيْتُهُ حَلَفَ وَلَا يَسْتَثْنِيتَقَدَّمْتُ فَعَذَّرْتُ وَإِنَّمَا تَسَحَّرْتُ قُبَيْلَ ذَلِكَ ثُمَّ قُلْتُهَاتِ الْآنَ مَا عِنْدَكَفَقَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوالِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ حَالَ بَيْنَكُمْوَبَيْنَهُ سَحَابٌ فَكَمِّلُوا الْعِدَّةَثَلَاثِينَ وَلَا تَسْتَقْبِلُوا الشَّهْرَاسْتِقْبَالًا

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Isma'il bin 'Ulaiyyah telah menceritakan kepada kami Hatim bin Abu Shaghirah dari Simak bin Harb ia berkata, "Aku berpuasa pada hari yang aku masih ragu, apakah bulan Sya'ban atau Ramadan. Maka aku datang menemui Ikrimah, ternyata ia sedang makan roti dan sayur, ia lalu berkata, 'Kemarilah makan siang.' Kemudian aku katakan, "Aku sedang berpuasa." Ikrimah berkata lagi, "Aku bersumpah dengan nama Allah, hendaklah engkau harus berbuka! " Maka tatkala aku melihatnya bersumpah dan tidak mengucapkan insyaallah, aku maju dan mengungkapkan alasan, "Sesungguhnya sebelum itu aku telah makan sahur. Sekarang sampaikanlah alasanmu kepadaku." Lalu ia berkata, " Ibnu Abbas menceritakan kepada kami, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Berpuasalah karena melihatnya (hilal) dan berbukalah karena melihatnya. Jika terdapat awan yang menghalangi kalian untuk melihatnya, maka sempurnakanlah jumlah bulan menjadi tiga puluh hari, dan janganlah kalian menyambut bulan Ramadan dengan berpuasa."