SUNAN AD DARIMI KITAB PUASA No:1661 Rukhsah mencium bagi orang yang puasa

Posted by Unknown on Kamis, 30 Mei 2013



حَدَّثَنَاأَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ حَدَّثَنَا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍعَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِبْنِ الْأَشَجِّ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِبْنِ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيِّ عَنْجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِعَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِقَالَ هَشِشْتُ فَقَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَجِئْتُرَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ إِنِّي صَنَعْتُ الْيَوْمَأَمْرًا عَظِيمًا قَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ قَالَأَرَأَيْتَ لَوْ مَضْمَضْتَ مِنْالْمَاءِ قُلْتُ إِذًا لَايَضِيرُ قَالَ فَفِيمَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid Ath Thayalisi telah menceritakan kepada kami Laits bin Sa'd dari Bukair bin Abdullah bin Al Asyaj dari Abdul Malik bin Sa'id Al Anshari dari Jabir bin Abdullah dari Umar bin Al Khathab ia berkata, "Aku merasa berhasrat, lalu aku mencium dalam keadaan berpuasa. Kemudian aku datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata, "Sungguh, hari ini aku telah melakukan perkara yang besar, aku telah mencium dalam keadaan berpuasa! " Beliau bersabda: "Bagaimana pendapatmu apabila engkau berkumur-kumur dengan air?" Aku menjawab, "Jika demikian hal itu tidak merusak puasa?" Beliau balik bertanya, "Dalam hal apa! '