SUNAN AD DARIMI KITAB JUAL-BELI No: 2463 Jual beli makanan dengan takaran dan benda sejenis

Posted by Unknown on Rabu, 29 Mei 2013



أَخْبَرَنَاعُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ أَخْبَرَنَاإِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَعَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ بِلَالٍ قَالَكَانَ عِنْدِي مُدُّ تَمْرٍلِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ فَوَجَدْتُ أَطْيَبَ مِنْهُ صَاعًا بِصَاعَيْنِفَاشْتَرَيْتُ مِنْهُ فَأَتَيْتُ بِهِالنَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ فَقَالَ مِنْ أَيْنَلَكَ هَذَا يَا بِلَالُقُلْتُ اشْتَرَيْتُ صَاعًا بِصَاعَيْنِ قَالَرُدَّهُ وَرُدَّ عَلَيْنَا تَمْرَنَا

Telah mengabarkan kepada kami Utsman bin Umar telah mengabarkan kepada kami Isra`il dari Abu Ishaq dari Masruq dari Bilal, ia berkata; "Aku pernah memiliki satu mud kurma yang hendak kuberikan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, ternyata aku mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari kurma itu, maka aku membeli satu sha' dengan dua sha'. Kemudian aku membawanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau lalu bertanya: "Dari manakah engkau mendapatkan ini wahai BIlal?" Aku katakan; "Aku membeli satu sha' dengan dua sha'." Beliau bersabda: "Kembalikan dan berikan kepada kami kurmamu!."