SUNAN AD DARIMI KITAB JUAL-BELI No: 2468 Rukhsah pembayaran perak menggantikan emas

Posted by Unknown on Rabu, 29 Mei 2013



أَخْبَرَنَاأَبُو الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْسِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ عَنْسَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْابْنِ عُمَرَ قَالَ كُنْتُأَبِيعُ الْإِبِلَ بِالْبَقِيعِ فَأَبِيعُ بِالدَّنَانِيرِ وَآخُذُ الدَّرَاهِمَ وَأَبِيعُبِالدَّرَاهِمِ وَآخُذُ الدَّنَانِيرَ وَرُبَّمَاقَالَ أَقْبِضُ فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِرُوَيْدَكَ أَسْأَلُكَ إِنِّي أَبِيعُ الْإِبِلَبِالْبَقِيعِ فَأَبِيعُ بِالدَّنَانِيرِ وَآخُذُ الدَّرَاهِمَ وَأَبِيعُبِالدَّرَاهِمِ وَآخُذُ الدَّنَانِيرَ قَالَلَا بَأْسَ أَنْ تَأْخُذَبِسِعْرِ يَوْمِكَ مَا لَمْ تَفْتَرِقَاوَبَيْنَكُمَا شَيْءٌ

Telah mengabarkan kepada kami Abu Al Walid telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah dari Simak bin Harb dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Umar, ia berkata; "Aku pernah menjual unta di Baqi', aku menjualnya dengan beberapa dinar dan mengambil beberapa dirham, menjual dengan beberapa dirham dan mengambil beberapa dinar. Kemudian aku mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; "Wahai Rasulullah, pelan-pelanlah, aku hendak bertanya kepada anda. Sesungguhnya aku telah menjual unta di Baqi', kau menjual dengan beberapa dinar dan mengambil beberapa dirham dan menjual dengan beberapa dirham dan mengambil beberapa dinar. Beliau bersabda: "Tidak mengapa engkau mengambil dengan harga hari itu, selama kalian belum berpisah, sementara diantara kalian ada sesuatu."