Shahih Bukhari -Imam Bukhari- Kitab Azan Bab 144: Sunnah Duduk dalam Tasyahud

Posted by Unknown on Rabu, 17 April 2013


Ummu Darda' pada waktu shalat duduk seperti laki-laki, sedangkan ia adalah wanita yang benar-benar pandai dalam agama.[70]
447. Abdullah bin Abdullah mengatakan bahwa ia memberitahukan kepada nya (Abdurrahman) bahwa ia melihat Abdullah bin Umar duduk bersila di dalam shalat apabila duduk. Maka, ia melakukannya sedang ketika itu ia masih kecil. Lalu Abdullah bin Umar melarang seraya berkata, "Sunnah (aturan) shalat adalah kamu tegakkan kaki kananmu dan kamu lipatkan kaki kirimu." Lalu ia berkata kepadanya, "Sesungguhnya engkau berbuat begitu." Abdullah bin Umar menjawab, "Sesungguhnya kedua kakiku tidak dapat mengangkat aku."

448. Muhammad bin Amr bin Atha' mengatakan bahwa ia duduk bersama sekelompok dari sahabat Nabi صلی الله عليه وسلم. Lalu mereka menyebut-menyebutkan perihal shalat Nabi. Abu Humaid as-Sa'idi berkata, "Saya adalah orang yang paling hafal di antara kalian tentang shalat Rasulullah. Saya melihat apabila beliau bertakbir, beliau angkat kedua tangan beliau sejajar dengan kedua pundak beliau. Apabila ruku, beliau letakkan kedua tangan beliau pada kedua lutut. Kemudian beliau membungkukkan punggung. Apabila beliau mengangkat kepala (dari ruku) beliau tegak sehingga tiap-tiap tulang belakangnya kembali ke tempatnya. Apabila sujud, beliau letakkan kedua tangan beliau dengan tidak merentang (menjulurkan lengan dengan meletakkannya di tanah) juga tidak menggenggam, dan beliau hadapkan ujung jari-jari beliau ke kiblat. Apabila beliau duduk di rakaat yang kedua, maka beliau duduk di atas kaki kiri dan menegakkan kaki kanan. Apabila beliau duduk di rakaat terakhir, maka beliau julurkan kaki kiri dan ditegakkannya kaki yang lain. Beliau duduk di atas pantat beliau."

[70] Ini termasuk hadits-hadits yang di dalam isnadnya menurut penyusun terdapat Falih bin Sulaiman. Al-Hafizh berkata, "Dia itu jujur, tapi sering keliru." Maka, perkataan "Ketika bangun dari dua rakaat" itu maknanya ialah berdiri dari rakaat kedua, berdasarkan hadits Abu Ya'la dari Abu Hurairah secara mu'allaq pada nomor 430 di muka.