SUNAN AD DARIMI KITAB JIHAD No: 2317 Keutamaan ribath seharis-semalam

Posted by Unknown on Jumat, 24 Mei 2013




أَخْبَرَنَاأَبُو الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍحَدَّثَنَا أَبُو عَقِيلٍ زُهْرَةُبْنُ مَعْبَدٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍمَوْلَى عُثْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ عُثْمَانَعَلَى الْمِنْبَرِ وَهُوَ يَقُولُ إِنِّيكُنْتُ كَتَمْتُكُمْ حَدِيثًا سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَكَرَاهِيَةَ تَفَرُّقِكُمْ عَنِّي ثُمَّ بَدَالِي أَنْ أُحَدِّثَكُمُوهُ لِيَخْتَارَامْرُؤٌ لِنَفْسِهِ مَا بَدَا لَهُإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ رِبَاطُ يَوْمٍفِي سَبِيلِ اللَّهِ خَيْرٌمِنْ أَلْفِ يَوْمٍ فِيمَاسِوَاهُ مِنْ الْمَنَازِلِ

Telah mengabarkan kepada kami Abu Al Walid telah menceritakan kepada kami Laits bin Sa'd telah menceritakan kepada kami Abu 'Uqail Zuhrah bin Ma'bad dari Abu Shalih mantan budak Utsman, ia berkata; Aku mendengar Utsman berkata di atas mimbar; "Sesungguhnya aku pernah menyembunyikan satu hadits dari kalian yang aku dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sebab aku tidak ingin kalian memisahkan diri dariku. Nampaknya sekarang aku ingin menceritakannya kepada kalian, supaya seseorang memilih untuk dirinya atas sesuatu yang ia inginkan. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Berjaga-jaga sehari di jalan Allah lebih baik daripada seribu hari ditempat lain."