SUNAN AD DARIMI KITAB SEJARAH No: 2391 Larangan membunuh utusan

Posted by Unknown on Senin, 03 Juni 2013



أَخْبَرَنَاعَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُعَيَّاشٍ عَنْ عَاصِمٍ عَنْأَبِي وَائِلٍ عَنْ ابْنِمُعَيْزٍ السَّعْدِيِّ قَالَ خَرَجْتُ أُسْفِرُفَرَسًا لِي مِنْ السَّحَرِفَمَرَرْتُ عَلَى مَسْجِدٍ مِنْمَسَاجِدِ بَنِي حَنِيفَةَ فَسَمِعْتُهُمْيَشْهَدُونَ أَنَّ مُسَيْلَمَةَ رَسُولُاللَّهِ فَرَجَعْتُ إِلَى عَبْدِ اللَّهِبْنِ مَسْعُودٍ فَأَخْبَرْتُهُ فَبَعَثَ إِلَيْهِمْ الشُّرَطَ فَأَخَذُوهُمْ فَجِيءَ بِهِمْ إِلَيْهِفَتَابَ الْقَوْمُ وَرَجَعُوا عَنْ قَوْلِهِمْ فَخَلَّىسَبِيلَهُمْ وَقَدَّمَ رَجُلًا مِنْهُمْ يُقَالُلَهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُنُوَاحَةَ فَضَرَبَ عُنُقَهُ فَقَالُوا لَهُ تَرَكْتَ الْقَوْمَوَقَتَلْتَ هَذَا فَقَالَ إِنِّيكُنْتُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَجَالِسًا إِذْ دَخَلَ هَذَاوَرَجُلٌ وَافِدَيْنِ مِنْ عِنْدِ مُسَيْلَمَةَفَقَالَ لَهُمَا رَسُولُ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَأَتَشْهَدَانِ أَنِّي رَسُولُ اللَّهِفَقَالَا لَهُ تَشْهَدُ أَنْتَأَنَّ مُسَيْلَمَةَ رَسُولُ اللَّهِ فَقَالَآمَنْتُ بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ لَوْ كُنْتُ قَاتِلًاوَفْدًا لَقَتَلْتُكُمَا فَلِذَلِكَ قَتَلْتُهُ وَأَمَرَ بِمَسْجِدِهِمْ فَهُدِمَ

Telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin 'Ayyasy dari 'Ashim dari Abu Wa`il dari Ibnu Mu'aiz As Sa'di, ia berkata; Pada waktu sahur, aku keluar mencari kudaku, lalu aku melewati suatu masjid diantara masjid-masjid Bani Hanifah. Aku mendengar mereka bersaksi bahwa Musailamah adalah Rasulullah. Aku bergegas kembali menemui Abdullah bin Mas'ud dan mengabarkan kepadanya. Lalu ia mengirimkan beberapa polisi untuk menangkap mereka, Orang-orang itu lalu dihadapkan kepadanya, akhirnya mereka bertaubat dan mencabut perkataan mereka. Setelah Abdullah bin Mas'ud membebaskan mereka, ia mendatangi seseorang yang bernama Abdullah bin Nuwahah dan memenggal kepalanya. Orang-orang berkata kepadanya; "(Kenapa) anda membiarkan orang-orang itu dan membunuh orang ini?" Abdullah menjawab; "Sungguh dahulu aku pernah duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba orang ini dan yang lain masuk sebagai kurir dari Musailamah, beliau lalu berkata kepada mereka berdua: "Apakah kalian bersaksi bahwa aku adalah Rasulullah?" Mereka berkata kepada beliau; "Apakah engkau bersaksi bahwa Musailamah adalah Rasulullah?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku beriman kepada Allah dan para rasulNya, seandainya aku boleh membunuh utusan, niscaya aku bunuh kalian berdua." Oleh karena itulah aku membunuhnya. Ibnu Mas'ud memerintahkan supaya masjid mereka juga dihancurkan.