Shahih Bukhari -Imam Bukhari- Kitab Azan Bab 65: Orang yang Meringankan Shalat Ketika Terdengar Suara Tangis Bayi

Posted by Unknown on Selasa, 16 April 2013


389. Abi Qatadah رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Aku sedang mengerjakan shalat dan mau memperpanjangnya, namun aku mendengar tangis anak kecil. Lalu, aku ringkas (ringankan) shalatku, karena aku tidak senang untuk menyusahkan ibunya."
390. Anas bin Malik berkata, "Aku tidak pernah shalat di belakang seorang imam yang shalatnya lebih ringan dan lebih sempurna daripada Nabi. Beliau memperpendek shalat apabila beliau mendengar tangis seorang bayi, karena takut ibu anak itu merasa menderita."

391. Anas bin Malik mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Pada waktu mulai shalat, aku bermaksud untuk memanjangkannya. Tetapi, setelah mendengar tangis seorang bayi, aku memendekkannya. Karena, aku mengetahui betapa perasaan hati ibunya mendengar tangis bayi itu."