SUNAN AD DARIMI KITAB MIMPI No: 2059 Gamis, sumur, susu, madu dan minyak samin

Posted by Unknown on Kamis, 23 Mei 2013




أَخْبَرَنَاأَبُو عَلِيٍّ الْحَنَفِيُّ حَدَّثَنَاعَبْدُ اللَّهِ هُوَ ابْنُعُمَرَ عَنْ نَافِعٍ أَنَّابْنَ عُمَرَ قَالَ كُنْتُفِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا لِي مَبِيتٌإِلَّا فِي مَسْجِدِ النَّبِيِّصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَوَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ إِذَا أَصْبَحَ يَأْتُونَهُفَيَقُصُّونَ عَلَيْهِ الرُّؤْيَا قَالَ فَقُلْتُ مَالِي لَا أَرَى شَيْئًافَرَأَيْتُ كَأَنَّ النَّاسَ يُحْشَرُونَفَيُرْمَى بِهِمْ عَلَى أَرْجُلِهِمْفِي رَكِيٍّ فَأُخِذْتُ فَلَمَّادَنَا إِلَى الْبِئْرِ قَالَرَجُلٌ خُذُوا بِهِ ذَاتَالْيَمِينِ فَلَمَّا اسْتَيْقَظْتُ هَمَّتْنِي رُؤْيَايَ وَأَشْفَقْتُ مِنْهَا فَسَأَلْتُ حَفْصَةَعَنْهَا فَقَالَتْ نِعْمَ مَا رَأَيْتَفَقُلْتُ لَهَا سَلِي النَّبِيَّصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَفَسَأَلَتْهُ فَقَالَ نِعْمَ الرَّجُلُعَبْدُ اللَّهِ لَوْ كَانَيُصَلِّي مِنْ اللَّيْلِ حَدَّثَنَامُوسَى بْنُ خَالِدٍ عَنْإِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدٍ الْفَزَارِيِّعَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍعَنْ ابْنِ عُمَرَ بِهَذَاالْحَدِيثِ قَالَ ابْنُ عُمَرَوَكُنْتُ إِذَا نِمْتُ لَمْأَقُمْ حَتَّى أُصْبِحَ قَالَنَافِعٌ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَيُصَلِّي اللَّيْلَ

Telah mengabarkan kepada kami Abu Ali Al Hanafi telah menceritakan kepada kami Abdullah yaitu Ibnu Umar dari Nafi' bahwa Ibnu Umar berkata; Pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, aku tidak memiliki tempat bermalam kecuali di Masjid Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Pada pagi harinya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam biasa didatangi orang-orang yang menceritakan berbagai mimpi kepada beliau. Lalu aku katakan; "Kenapa aku tidak bermimpi sesuatu?", Setelah itu aku bermimpi, seakan-akan manusia dikumpulkan, kemudian mereka dilemparkan dengan kaki terjungkir di sebuah sumur, kemudian aku ditangkap, tatkala hamper sampai kesebuah sumur, seorang laki-laki berkata; "Tologn selamatkanlah ia ke sebelah kanan." setelah aku bangun, mimpiku itu membuatku resah dan khawatir. Kemudian kulaporkan mimpiku kepada Hafshah. Hafshah berkata; "Alangkah indah mimpimu." Aku berkata kepadanya; "Tolong tanyakan mimpiku kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam." Setelah itu Hafshah bertanya kepada beliau, dan beliau bersabda: "Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah, seandainya ia sering melakukan shalat malam." Telah menceritakan kepada kami Musa bin Khalid dari Ibrahim bin Muhammad Al Fazari dari 'Ubaidullah dari Nafi' dari Ibnu Umar dengan hadits ini. Ibnu Umar mengatakan; "Dan apabila aku tidur, aku tidak bengun hingga pagi hari." Nafi' berkata; "Dan Ibnu Umar sering melakukan shalat malam."