SUNAN AD DARIMI KITAB TALAK No: 2173 Zhihar

Posted by Unknown on Kamis, 23 Mei 2013




حَدَّثَنَازَكَرِيَّا بْنُ عَدِيٍّ حَدَّثَنَاعَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَعَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْمُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْسُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْسَلَمَةَ بْنِ صَخْرٍ الْبَيَاضِيِّقَالَ كُنْتُ امْرَأً أُصِيبُمِنْ النِّسَاءِ مَا لَا يُصِيبُغَيْرِي فَلَمَّا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَخِفْتُ أَنْ أُصِيبَ فِيلَيْلِي شَيْئًا فَيَتَتَابَعَ بِيذَلِكَ إِلَى أَنْ أُصْبِحَقَالَ فَتَظَاهَرْتُ إِلَى أَنْ يَنْسَلِخَفَبَيْنَا هِيَ لَيْلَةً تَخْدُمُنِيإِذْ تَكَشَّفَ لِي مِنْهَا شَيْءٌفَمَا لَبِثْتُ أَنْ نَزَوْتُ عَلَيْهَافَلَمَّا أَصْبَحْتُ خَرَجْتُ إِلَى قَوْمِي فَأَخْبَرْتُهُمْوَقُلْتُ امْشُوا مَعِي إِلَىرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا لَا وَاللَّهِ لَانَمْشِي مَعَكَ مَا نَأْمَنُأَنْ يَنْزِلَ فِيكَ الْقُرْآنُ أَوْأَنْ يَكُونَ فِيكَ مِنْرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَقَالَةٌ يَلْزَمُنَا عَارُهَا وَلَنُسْلِمَنَّكَ بِجَرِيرَتِكَ فَانْطَلَقْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَفَقَصَصْتُ عَلَيْهِ خَبَرِي فَقَالَ يَاسَلَمَةُ أَنْتَ بِذَاكَ قُلْتُأَنَا بِذَاكَ قَالَ يَاسَلَمَةُ أَنْتَ بِذَاكَ قُلْتُأَنَا بِذَاكَ قَالَ يَاسَلَمَةُ أَنْتَ بِذَاكَ قُلْتُأَنَا بِذَاكَ وَهَا أَنَاصَابِرٌ نَفْسِي فَاحْكُمْ فِيَّمَا أَرَاكَ اللَّهُ قَالَفَأَعْتِقْ رَقَبَةً قَالَ فَضَرَبْتُ صَفْحَةَرَقَبَتِي فَقُلْتُ وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالْحَقِّ مَا أَصْبَحْتُ أَمْلِكُرَقَبَةً غَيْرَهَا قَالَ فَصُمْ شَهْرَيْنِمُتَتَابِعَيْنِ قُلْتُ وَهَلْ أَصَابَنِيالَّذِي أَصَابَنِي إِلَّا فِي الصِّيَامِقَالَ فَأَطْعِمْ وَسْقًا مِنْ تَمْرٍسِتِّينَ مِسْكِينًا فَقُلْتُ وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالْحَقِّ لَقَدْ بِتْنَا لَيْلَتَنَاوَحْشَى مَا لَنَا طَعَامٌقَالَ فَانْطَلِقْ إِلَى صَاحِبِ صَدَقَةِبَنِي زُرَيْقٍ فَلْيَدْفَعْهَا إِلَيْكَ وَأَطْعِمْ سِتِّينَ مِسْكِينًا وَسْقًا مِنْ تَمْرٍوَكُلْ بَقِيَّتَهُ أَنْتَ وَعِيَالُكَ قَالَفَأَتَيْتُ قَوْمِي فَقُلْتُ وَجَدْتُعِنْدَكُمْ الضِّيقَ وَسُوءَ الرَّأْيِ وَوَجَدْتُعِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ السَّعَةَ وَحُسْنَ الرَّأْيِ وَقَدْ أَمَرَ لِيبِصَدَقَتِكُمْ

Telah menceritakan kepada kami Zakariya bin 'Adi telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Idris dari Muhammad bin Ishaq dari Muhammad bin 'Amr dari Sulaiman bin Yasar dari Salamah bin Shakhr Al Bayadhi ia berkata; "Aku dahulu adalah orang yang sering menggauli isteri tidak seperti orang lain yang menggauli isterinya. Tatkala masuk Bulan Ramadhan, aku sedikit khawatir melakukan jima' pada malam hariku, sehingga hal itu berlanjut hingga pagi hari. Maka aku menzhihar isteriku hingga berlalunya bulan Ramadhan. Pada dustu malam, ia membantuku, tiba-tiba tersingkap sesuatu darinya, tidak lama kemudian aku pun menggaulinya. Pada pagi harinya, aku keluar menuju kepada kaumku dan mengabarkan hal itu kepada mereka, aku berkata; "Pergilah kalian bersamaku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam! " Mereka mengatakan; "Tidak, demi Allah, kami tidak akan pergi bersamamu. Kami khawatir turun Al Qur'an mengenai dirimu atau terdapat perkataan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengenai dirimu yang aibnya mengenai kami. Sungguh kami menyerahkanmu dengan dosamu sendiri." Akhirnya aku pergi menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan menceritakan kepada beliau berita mengenaiku. Beliau bersabda: "Wahai Salamah, apakah engkau melakukan hal ini?" Aku berkata; "Aku telah melakukan hal ini." Beliau bersabda: "Wahai Salamah, apakah engkau melakukan hal ini?" aku menjawab; "Aku telah melakukan hal ini." Beliau bersabda: "Wahai Salamah, apakah engkau melakukan hal ini?" Aku menjawab; "Aku telah melakukan hal ini. Inilah aku yang telah bersabar terhadap diriku, maka putuskanlah terhadap diriku apa yang telah Allah perlihatkan kepada dirimu." Beliau bersabda: "Bebaskanlah budak." Salamah berkata; "Aku menepuk leher belakangku dan berkata; "Demi Dzat yang mengutusmu dengan kebenaran, tidaklah aku dipagi hari memiliki budak selain dirinya." Beliau bersabda: "Berpuasalah dua bulan berturut-turut! " Aku berkata; "Tidaklah aku tertimpa sesuatu yang menimpaku, kecuali ketika aku berpuasa." Beliau bersabda: "Berilah makan satu wasaq kurma enam puluh orang miskin." Lalu aku berkata; "Demi Dzat yang mengutusmu dengan kebenaran, sungguh kami bermalam dalam keadaan tidak memiliki makanan." Beliau bersabda: "Pergilah kepada penjaga Shadaqah Bani Zuraiq, hendaknya ia memberikan kepadamu dan berilah makan enam puluh orang miskin satu wasaq kurma, dan makanlah sisanya bersama keluargamu." Salamah berkata; "Kemudian aku mendatangi kaumku dan berkata; "Aku dapatkan di sisi kalian kesempitan serta pendapat yang buruk, dan aku dapatkan di sisi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kelapangan dan pendapat yang baik, beliau telah memerintahkan agar aku diberi shadaqah kalian."