Shahih Sunan Abu Daud Kitab BUDAK 3. Memerdekakan Budak Bersyarat

Posted by Unknown on Rabu, 15 Mei 2013




عَنْ سَفِينَةَ قَالَ كُنْتُ مَمْلُوكًا لِأُمِّ سَلَمَةَ فَقَالَتْ أُعْتِقُكَ وَأَشْتَرِطُ عَلَيْكَ أَنْ تَخْدُمَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا عِشْتَ فَقُلْتُ وَإِنْ لَمْ تَشْتَرِطِي عَلَيَّ مَا فَارَقْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا عِشْتُ فَأَعْتَقَتْنِي وَاشْتَرَطَتْ عَلَيَّ

3932. Dari Safinah, dia berkata: Aku adalah budak milik Ummu Salamah. Dia berkata, "Aku bersedia memerdekakanmu, dengan syarat kamu bersedia mengabdi kepada Rasulullah SAW sepanjang hidupmu?" Aku pun berkata, "Walaupun kamu tidak mensyaratkan hal itu kepadaku (untuk bisa merdeka), aku tidak akan pernah meninggalkan Rasulullah selama aku masih hidup." Ummu Salamah kemudian memerdekakan ku dengan tetap memberikan persyaratan tersebut kepadaku." (Hasan)