حَدَّثَنَامُحَمَّدُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْعَلِيِّ بْنِ مُسْهِرٍ عَنْأَشْعَثَ عَنْ الْحَسَنِ فِيالرَّجُلِ يُوصِي لِلرَّجُلِ بِالْوَصِيَّةِفَيَمُوتُ الْمُوصَى لَهُ قَبْلَ الْمُوصِيقَالَ هِيَ جَائِزَةٌ لِوَرَثَةِالْمُوصَى لَهُ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُبْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِمُسْهِرٍ عَنْ أَشْعَثَ عَنْأَبِي إِسْحَقَ السَّبِيعِيِّ قَالَ حُدِّثْتُ أَنَّعَلِيًّا كَانَ يُجِيزُهَا مِثْلَقَوْلِ الْحَسَنِ
Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Al 'Ala` telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Idris dari Ibnu Juraij dari Abu Az Zubair dari Jabir ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menetapkan hak syuf'ah pada setiap benda yang dimiliki secara bersama (kongsi) dan belum dibagi, baik berupa rumah atau kebun. Salah seorang (yang berkongsi) tidak berhak menjual hingga ia meminta izin kepada rekan kongsinya. Jika rekan kongsinya menghendaki, ia boleh mengambil harta itu, namun jika ia menghendaki, ia pun boleh meninggalkan harta itu. Jika ia menjual harta itu namun rekan kongsinya tidak mengizinkannya, maka rekan kongsinya lebih berhak atas harta itu. Dikatakan kepada Abu Muhammad; Apakah engkau berpendapat seperti itu? Ia menjawab; Ya.