SUNAN AD DARIMI KITAB WASIAT No: 3170 Jika mewasiatkan sesuatu fi sabilillah

Posted by Unknown on Sabtu, 01 Juni 2013



حَدَّثَنَاالْحَكَمُ بْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَاعَبْدُ الْعَزِيزِ هُوَ ابْنُ مُحَمَّدٍعَنْ مُوسَى هُوَ ابْنُعُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ أَنَّرَجُلًا جَاءَ إِلَى ابْنِعُمَرَ فَقَالَ إِنَّ رَجُلًاأَوْصَى إِلَيَّ وَجَعَلَ نَاقَةًفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَيْسَهَذَا زَمَانًا يُخْرَجُ إِلَى الْغَزْوِ فَأَحْمِلُعَلَيْهَا فِي الْحَجِّ فَقَالَابْنُ عُمَرَ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُمِنْ سَبِيلِ اللَّهِ

Telah mengabarkan kepada kami Abu An Nu'man telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' telah menceritakan kepada kami Daud dari Abu Nadlrah dari Abu Sa'id Al Khudri bahwa Abu Musa Al Asy'ari meminta izin kepada Umar sebanyak tiga kali namun ia tidak mengizinkannya, ia pun kembali. (Umar) bertanya; Apa yang membuat engkau kembali? ia menjawab; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika seseorang meminta izin sebanyak tiga kali, jika ia diizinkan (boleh masuk), namun jika tidak diizinkan maka sebaiknya ia kembali." Lalu ia berkata; Hendaklah engkau mendatangkan orang yang menyaksikan (hadits itu) bersamamu atau aku akan menghukummu dan benar-benar menghukummu. Abu Sa'id berkata; Lalu (Abu Musa) mendatangi kami, saat itu aku bersama sekelompok sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di dalam masjid. Ia gelisah dengan ancaman Umar terhadap dirinya. Ia pun berdiri dan berkata; Aku memohon kepada Allah semoga ada seseorang dari kalian mendengar hadits itu dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan memberikan kesaksian tentang hadits itu untukku. Ia melanjutkan; Lalu aku mengangkat kepalaku dan berkata; Kabarkan kepadanya bahwa aku bersamamu dalam hal ini. Sabahat yang lain juga mengatakan demikian. Maka, Abu Musa pun menjadi gembira.