Shahih Sunan Abu Daud Kitab HAJI 96. Tentang Harta Ka'bah

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




عَنْ شَيْبَةَ يَعْنِي ابْنَ عُثْمَانَ قَالَ قَعَدَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فِي مَقْعَدِكَ الَّذِي أَنْتَ فِيهِ فَقَالَ لَا أَخْرُجُ حَتَّى أَقْسِمَ مَالَ الْكَعْبَةِ قَالَ قُلْتُ مَا أَنْتَ بِفَاعِلٍ قَالَ بَلَى لَأَفْعَلَنَّ قَالَ قُلْتُ مَا أَنْتَ بِفَاعِلٍ قَالَ لِمَ قُلْتُ لِأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ رَأَى مَكَانَهُ وَأَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَهُمَا أَحْوَجُ مِنْكَ إِلَى الْمَالِ فَلَمْ يُخْرِجَاهُ فَقَامَ فَخَرَجَ

2031. Dari Syaibah, -Ibnu Utsman- ia berkata, "Umar bin Khaththab RA telah duduk di bangku yang kamu duduki (ketika) kamu berada di dalamnya, seraya berkata, 'Aku tidak akan keluar sehingga aku membagi harta Ka'bah,' ia (Syaibah) berkata, 'Aku berkata, "Kamu tidak akan mengerjakannya."' Ia (Umar) berkata, 'Ya, aku sungguh akan mengerjakannya,' Ia (Syaibah) berkata, 'Aku berkata, "Kamu tidak akan mengerjakannya.'" Ia (Umar) berkata, 'Kenapa?' aku berkata, 'Karena Rasulullah SAW telah melihat posisinya, dan juga Abu Bakar RA, padahal keduanya lebih membutuhkan kepada harta itu daripada kamu, tapi keduanya tidak mengeluarkannya,' maka ia bangun dan keluar. " (shahih, Bukhari)