Shahih Sunan Abu Daud Kitab HAJI 86. Thawaf Wada'

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013



عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ أَحْرَمْتُ مِنْ التَّنْعِيمِ بِعُمْرَةٍ فَدَخَلْتُ فَقَضَيْتُ عُمْرَتِي وَانْتَظَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْأَبْطَحِ حَتَّى فَرَغْتُ وَأَمَرَ النَّاسَ بِالرَّحِيلِ قَالَتْ وَأَتَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَيْتَ فَطَافَ بِهِ ثُمَّ خَرَجَ

2005. Dari Aisyah RA, dia berkata, 'Aku berihram dari Tan'im untuk mengerjakan umrah, kemudian aku masuk (ke Baitullah) dan aku selesaikan ibadah umrahku, sedangkan Rasulullah SAW menungguku di Al Abthah. Setelah aku selesai, Rasulullah SAW memerintahkan orang-orang untuk pergi. Ia (Aisyah) berkata, "Rasulullah SAW datang ke Baitullah, kemudian langsung mengerjakan thawaf (wada') di Baitullah, kemudian beliau keluar. " (sltahih)

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ خَرَجْتُ مَعَهُ تَعْنِي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي النَّفْرِ الْآخِرِ فَنَزَلَ الْمُحَصَّبَ ثُمَّ جِئْتُهُ بِسَحَرٍ فَأَذَّنَ فِي أَصْحَابِهِ بِالرَّحِيلِ فَارْتَحَلَ فَمَرَّ بِالْبَيْتِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ فَطَافَ بِهِ حِينَ خَرَجَ ثُمَّ انْصَرَفَ مُتَوَجِّهًا إِلَى الْمَدِينَةِ

2006. Dari Aisyah RA, ia berkata, "Aku keluar bersamanya, yaitu bersama Nabi SAW pada Nafar akhir (tsani), lalu beliau mampir di Al Muhashshab. Aku mendatanginya pada waktu sahur, beliau mengizinkan para sahabatnya pergi, maka beliaupun pergi, sehingga beliau melewati Baitullah sebelum shalat shubuh. Beliau melakukan thawaf di Baitullah ketika mau keluar, kemudian beliau pergi meninggalkan (Baitullah) menuju ke Madinah. (shahih, Muttafaq Alaih)