Shahih Sunan Abu Daud Kitab HAJI 88. Orang yang Mendahulukan Satu Pekerjaan Haji dari Pekerjaan Haji Lainnya dalam Pelaksanaan Ibadah Haji

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013



عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّهُ قَالَ وَقَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ بِمِنًى يَسْأَلُونَهُ فَجَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي لَمْ أَشْعُرْ فَحَلَقْتُ قَبْلَ أَنْ أَذْبَحَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اذْبَحْ وَلَا حَرَجَ وَجَاءَ رَجُلٌ آخَرُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَشْعُرْ فَنَحَرْتُ قَبْلَ أَنْ أَرْمِيَ قَالَ ارْمِ وَلَا حَرَجَ قَالَ فَمَا سُئِلَ يَوْمَئِذٍ عَنْ شَيْءٍ قُدِّمَ أَوْ أُخِّرَ إِلَّا قَالَ اصْنَعْ وَلَا حَرَجَ

2014. Dari Abdullah bin Amru bin Al Ash, bahwa sesungguhnya ia berkata, "Rasulullah SAW berhenti di Mina pada haji wada'sehingga (para sahabat) bertanya-tanya kepadanya. Tiba-tiba datang seorang laki-laki seraya berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku belum mencukur rambut, apakah aku harus mencukur rambut sebelum menyembelih?" Rasulullah SAW bersabda, 'Sembelihlah dan tidak ada larangan.' Kemudian datang seorang laki-laki lainnya, ia berkata, 'Wahai Rasulullah, aku belum mencukur rambut, apakah aku harus menyembelih (hewan qurban) sebelum aku melontar jumrah?' beliau bersabda, 'lontarlah, dan tidak ada larangan,' Ia berkata (Abdullah bin Amru bin Al Ash), 'Tidaklah beliau ditanya tentang sesuatu, pekerjaan haji yang diajukan dan diakhirkan, kecuali beliau akan bersabda, "Kerjakanlah, dan tidak ada larangan. '""{shahih, Muttafaq Alaih)

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَاجًّا فَكَانَ النَّاسُ يَأْتُونَهُ فَمَنْ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ سَعَيْتُ قَبْلَ أَنْ أَطُوفَ أَوْ قَدَّمْتُ شَيْئًا أَوْ أَخَّرْتُ شَيْئًا فَكَانَ يَقُولُ لَا حَرَجَ لَا حَرَجَ إِلَّا عَلَى رَجُلٍ اقْتَرَضَ عِرْضَ رَجُلٍ مُسْلِمٍ وَهُوَ ظَالِمٌ فَذَلِكَ الَّذِي حَرِجَ وَهَلَكَ

2015. Dari Usamah bin Syarik, dia berkata, "Aku pergi bersama Nabi SAW untuk menunaikan haji, orang-orang mendatangi beliau, di antara mereka ada yang berkata, "Wahai Rasulullah, aku telah mengerjakan sa'i sebelum thawaf aku dahulukan pekerjaan yang lain, atau aku akhirkan suatu pekerjaan yang lain. Maka Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada larangan, tidak ada larangan, kecuali atas orang yang memfitnah kehormatan seorang muslim, dan ia berbuat zhalim, maka itulah perbuatan dosa dan yang dapat membinasakannya. " Hadits shahih.