Shahih Sunan Abu Daud Kitab SHALAT 207. Keutamaan Hari Jum'at dan Malamnya

Posted by Unknown on Selasa, 07 Mei 2013




عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُهْبِطَ وَفِيهِ تِيبَ عَلَيْهِ وَفِيهِ مَاتَ وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ دَابَّةٍ إِلَّا وَهِيَ مُسِيخَةٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مِنْ حِينَ تُصْبِحُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ شَفَقًا مِنْ السَّاعَةِ إِلَّا الْجِنَّ وَالْإِنْسَ وَفِيهِ سَاعَةٌ لَا يُصَادِفُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ حَاجَةً إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهَا قَالَ كَعْبٌ ذَلِكَ فِي كُلِّ سَنَةٍ يَوْمٌ فَقُلْتُ بَلْ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ قَالَ فَقَرَأَ كَعْبٌ التَّوْرَاةَ فَقَالَ صَدَقَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ ثُمَّ لَقِيتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ سَلَامٍ فَحَدَّثْتُهُ بِمَجْلِسِي مَعَ كَعْبٍ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ قَدْ عَلِمْتُ أَيَّةَ سَاعَةٍ هِيَ قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ فَقُلْتُ لَهُ فَأَخْبِرْنِي بِهَا فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ هِيَ آخِرُ سَاعَةٍ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَقُلْتُ كَيْفَ هِيَ آخِرُ سَاعَةٍ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَقَدْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُصَادِفُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّي وَتِلْكَ السَّاعَةُ لَا يُصَلِّي فِيهَا فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ أَلَمْ يَقُلْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ جَلَسَ مَجْلِسًا يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ فَهُوَ فِي صَلَاةٍ حَتَّى يُصَلِّيَ قَالَ فَقُلْتُ بَلَى قَالَ هُوَ ذَاكَ

1046. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam AS diciptakan, pada hari itu ia diturunkan dari surga, pada hari itu pula ia diterima taubatnya, pada hari itu ia wafat, pada hari itu Kiamat akan terjadi dan tidak ada seekor binatang pun yang bersuara (berbunyi) pada hari Jum'at, sejak Shubuh sampai terbit matahari melainkan karena merasa takut akan hari kiamat kecuali manusia dan jin. Dan pada hari Jum'at ada suatu saat yang tidak bertepatan seorang Muslim dengan saat itu di mana ia sedang mengerjakan shalat sambil memohon sesuatu kepada Allah, melainkan pasti dikabulkannya. "

Kata Ka'ab, "Apakah yang demikian itu, sehari dalam tiap tahun?" Maka aku berkata, "(Tidak) tetapi setiap hari Jum 'at. " Katanya, "Ka'ab membaca Taurat lalu berkata, "Benar Rasulullah SAW. Abu Hurairah berkata, "Kemudian aku menemui Abdullah bin Salam, lalu aku sampaikan kepadanya tentang pembicaraanku bersama Ka'ab itu." Abdullah bin salam berkata, "Sungguh aku tahu saat yang manakah itu? " Kata Abu Hurairah, 'Aku berkata kepadanya, 'Beritahukanlah kepadaku saat itu.'" Abdullah bin Salam berkata, "Saat itu adalah saat akhir pada hari Jum'at. "Aku berkata, "Bagaimana saat itu bisa terjadi pada akhir hari Jum'at, sedangkan Rasululllah SAW bersabda, "... seorang hamba muslim shalat bertepatan saat itu ..., sementara saat itu bukan waktunya dilaksanakan shalat?. " Maka Abdullah bin Salam berkata, "Bukankah Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa yang duduk di suatu tempat sambil menunggu shalat, maka orang itu (dianggap) dalam shalat, sampai dia mengerjakan shalat itu.'"Katanya, "Maka aku berkata, "Betul. "Kata Abdullah, "Itulah dia. "(Shahih).

عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ قَالَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرِمْتَ يَقُولُونَ بَلِيتَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ

1047. Dari Aus bin Aus, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jum'at. Pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu pula dicabut ruhnya, serta pada hari itu pula ditiup sangkakala, dan dimatikan semua manusia. Karena itu perbanyaklah membaca shalawat atasku pada hari itu, karena bacaanmu itu akan disampaikan kepadaku. "Kata Aus, "Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, Bagaimana caranya bacaan shalawat itu disampaikan kepada Anda, padahal waktu itu jasad anda telah hancur luluh?' Beliau bersabda, 'Sesungguhnya Allah Azzawa Jalla telah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi. " (Shahih).