Shahih Sunan Abu Daud Kitab SHALAT 298. Shalat Setelah Shalat Ashar

Posted by Unknown on Selasa, 07 Mei 2013




عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ أَزْهَرَ وَالْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ أَرْسَلُوهُ إِلَى عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا اقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلَامَ مِنَّا جَمِيعًا وَسَلْهَا عَنْ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ وَقُلْ إِنَّا أُخْبِرْنَا أَنَّكِ تُصَلِّينَهُمَا وَقَدْ بَلَغَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْهُمَا فَدَخَلْتُ عَلَيْهَا فَبَلَّغْتُهَا مَا أَرْسَلُونِي بِهِ فَقَالَتْ سَلْ أُمَّ سَلَمَةَ فَخَرَجْتُ إِلَيْهِمْ فَأَخْبَرْتُهُمْ بِقَوْلِهَا فَرَدُّونِي إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ بِمِثْلِ مَا أَرْسَلُونِي بِهِ إِلَى عَائِشَةَ فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْهُمَا ثُمَّ رَأَيْتُهُ يُصَلِّيهِمَا أَمَّا حِينَ صَلَّاهُمَا فَإِنَّهُ صَلَّى الْعَصْرَ ثُمَّ دَخَلَ وَعِنْدِي نِسْوَةٌ مِنْ بَنِي حَرَامٍ مِنْ الْأَنْصَارِ فَصَلَّاهُمَا فَأَرْسَلْتُ إِلَيْهِ الْجَارِيَةَ فَقُلْتُ قُومِي بِجَنْبِهِ فَقُولِي لَهُ تَقُولُ أُمُّ سَلَمَةَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَسْمَعُكَ تَنْهَى عَنْ هَاتَيْنِ الرَّكْعَتَيْنِ وَأَرَاكَ تُصَلِّيهِمَا فَإِنْ أَشَارَ بِيَدِهِ فَاسْتَأْخِرِي عَنْهُ قَالَتْ فَفَعَلَتْ الْجَارِيَةُ فَأَشَارَ بِيَدِهِ فَاسْتَأْخَرَتْ عَنْهُ فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ يَا بِنْتَ أَبِي أُمَيَّةَ سَأَلْتِ عَنْ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ إِنَّهُ أَتَانِي نَاسٌ مِنْ عَبْدِ الْقَيْسِ بِالْإِسْلَامِ مِنْ قَوْمِهِمْ فَشَغَلُونِي عَنْ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ فَهُمَا هَاتَانِ

1273. Dari Kuraib maula Ibnu Abbas, bahwasanya Abdullah bin Abbas, Abdurrahman bin Azhar, dan Miswar bin Makhramah pernah mengutusnya kepada Aisyah RA, istri Nabi SAW. Mereka berkata, "Sampaikanlah salam kami semua kepadanya (Aisyah RA) dan tanyakan kepadanya tentang shalat dua rakaat sesudah Ashar. Dan katakan pula kepadanya, 'Kami pernah diberitahukan bahwa engkau mengerjakan shalat dua rakaat setelah Ashar itu. Padahal Rasulullah SAW melarangnya.'" Kata Kuraib, 'Maka aku pergi ke rumah beliau, dan aku menyampaikan pesan mereka kepadanya, " lalu beliau berkata, "Tanyakanlah kepada Ummu Salamah!" Maka aku keluar, kembali kepada mereka, dan aku sampaikan apa yang dikatakan Aisyah itu, lalu mereka mengembalikanku untuk pergi kepada Ummu Salamah, dengan berpesan seperti yang dipesankan kepadaku ketika pergi ke rumah Aisyah. Ummu Salamah berkata, "Saya mendengar Rasulullah SAW melaragnya (shalat setelah Ashar). Lalu aku melihat beliau SAW mengerjakannya. Ketika beliau melaksanakannya, yaitu beliau mengerjakan shalat Ashar, lalu beliau masuk, sementara di rumahku ada beberapa wanita Anshar dari Bani Haram. Maka beliau mengerjakan shalat dua rakaat tersebut. Setelah itu aku menyuruh seorang pelayan wanita kepada beliau." Aku berkata kepadanya, "Berdirilah di samping beliau itu, lalu katakanlah, 'Ummu Salamah berkata, "Wahai Rasulullah, saya pernah mendengar engkau melarang kedua rakaat ini, tapi saya melihat engkau mengerjakannya? Jika beliau itu memberi isyarat dengan tangannya, maka mundurlah!'""Kata Ummu Salamah, "Maka pelayan wanita itu melakukannya, lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya, karena itu dia mundur. "Setelah beliau selesai shalat, beliau bersabda, "Wahai putri Abu Umayyah! Engkau tanyakan tentang dua rakaat sesudah Ashar? Sesungguhnya ada beberapa orang yang datang kepadaku dari kaum Abdul Qais, mereka baru masuk Islam. Karena itu mereka membuat aku sibuk untuk mengerjakan dua rakaat sesudah Dzuhur. Maka kedua rakaat itu adalah ini. " (Shahih: Muttafaq Alaih)