Shahih Sunan Abu Daud Kitab SHALAT 331. Sujud Pada Surah "Idzassamaa'un syaqqat" dan "Iqra"

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَجَدْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ قَالَ أَبُو دَاوُد أَسْلَمَ أَبُو هُرَيْرَةَ سَنَةَ سِتٍّ عَامَ خَيْبَرَ وَهَذَا السُّجُودُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آخِرُ فِعْلِهِ

1407. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Kami pernah bersujud bersama Rasulullah SAW pada surah 'Idzassamaa'un syaqqat' dan 'Iqra bismi rabbikalladzi khalaq'."Abu Daud berkata, 'Abu Hurairah RA Masuk Islam pada tahun keenam, tahun Khaibar, dan sujud ini adalah yang terakhir dikerjakan Rasulullah SAW. "(Shahih: Muslim)

عَنْ أَبِي رَافِعٍ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ الْعَتَمَةَ فَقَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ فَقُلْتُ مَا هَذِهِ السَّجْدَةُ قَالَ سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا أَزَالُ أَسْجُدُ بِهَا حَتَّى أَلْقَاهُ

1408. Dari Abu Rafi', dia berkata, "Saya pernah mengerjakan shalat Isya bersama Abu Hurairah RA, lalu membaca surah 'Idzas samaa'un syaqqat', setelah itu sujud." Aku berkata, "Sujud apakah ini?" Jawabnya, 'Aku pernah sujud pada surah ini di belakang Abul Qasim SAW, maka aku senantiasa akan tetap sujud pada (bacaan surah) itu, sampai aku meninggalkan dunia. " (Shahih: Muttafaq Alaih)