Shahih Sunan Abu Daud Kitab ADAB 139. Izin Seseorang dengan Ketukan Pintu

Posted by Unknown on Jumat, 10 Mei 2013




عَنْ جَابِرٍ أَنَّهُ ذَهَبَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي دَيْنِ أَبِيهِ فَدَقَقْتُ الْبَابَ فَقَالَ مَنْ هَذَا قُلْتُ أَنَا قَالَ أَنَا أَنَا كَأَنَّهُ كَرِهَهُ

5187. Dari Jabir, ia pergi menghadap Rasulullah SAW untuk mengurus perihal utang bapaknya, maka aku mengetuk pintu, dan Nabi SAW bertanya, 'Siapakah itu? aku menjawab, 'Aku.' Rasulullah SAW bersabda, 'Aku, aku?!' Sepertinya beliau membenci perkataan itu. Shahih: Muttafaq 'Alaih

عَنْ نَافِعِ بْنِ عَبْدِ الْحَارِثِ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى دَخَلْتُ حَائِطًا فَقَالَ لِي أَمْسِكْ الْبَابَ فَضُرِبَ الْبَابُ فَقُلْتُ مَنْ هَذَا وَسَاقَ الْحَدِيثَ

قَالَ أَبُو دَاوُد يَعْنِي حَدِيثَ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ قَالَ فِيهِ فَدَقَّ الْبَابَ

5188. Dari Nafi' bin Abdul Harits, ia berkata, "Suatu ketika aku keluar bersama Rasulullah SAW, hingga aku memasuki sebuah rumah, maka beliau SAW bersabda kepadaku, 'Peganglah pintu itu.' Lalu pintu pun diketuk. Aku bertanya, 'Siapakah itu?'' dan dia meriwayatkan hadits tersebut secara lengkap. Hasan Sanadnya.

Abu Daud berkata, "Yaitu; Hadits Abu Musa Al Asy'ari, ia berkata dalam hadits tersebut, "Maka beliau pun mengetuk pintu." Shahih: Muslim.