Shahih Sunan Abu Daud Kitab JIHAD 40. Orang yang Meninggal karena Senjatanya Sendiri

Posted by Unknown on Minggu, 12 Mei 2013




سَلَمَةَ بْنَ الْأَكْوَعِ قَالَ لَمَّا كَانَ يَوْمُ خَيْبَرَ قَاتَلَ أَخِي قِتَالًا شَدِيدًا فَارْتَدَّ عَلَيْهِ سَيْفُهُ فَقَتَلَهُ فَقَالَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ذَلِكَ وَشَكُّوا فِيهِ رَجُلٌ مَاتَ بِسِلَاحِهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاتَ جَاهِدًا مُجَاهِدًا. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَبُوا مَاتَ جَاهِدًا مُجَاهِدًا فَلَهُ أَجْرُهُ مَرَّتَيْنِ

2538. Dari Salamah bin Akwa', ia berkata: 'Pada waktu terjadi perang Khaibar, saudaraku berperang dengan dahsyatnya, hingga pedangnya berbalik mengenai dirinya sendiri dan membunuhnya. Para sahabat Rasulullah berkomentar mengenai hal tersebut karena mereka bingung dan ragu (tentang status kematiannya), mereka pun mengadukannya kepada Rasulullah, "Seseorang telah meninggal dengan senjatanya sendiri." Rasulullah SAW lalu bersabda, "Ia telah meninggal sebagai pejuang yang benar-benar berjuang. " {Shahih: Muslim)

Dalam riwayat lain disebutkan: Mereka telah berbohong, ia telah meninggal sebagai pejuang yang benar-benar berjuang, dan baginya adalah pahala dua kali lipat." (Shahih: Muslim)