Shahih Sunan Abu Daud Kitab PAKAIAN 8. Pakaian Tebal

Posted by Unknown on Kamis, 16 Mei 2013




عَنْ أَبِي بُرْدَةَ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فَأَخْرَجَتْ إِلَيْنَا إِزَارًا غَلِيظًا مِمَّا يُصْنَعُ بِالْيَمَنِ وَكِسَاءً مِنْ الَّتِي يُسَمُّونَهَا الْمُلَبَّدَةَ فَأَقْسَمَتْ بِاللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُبِضَ فِي هَذَيْنِ الثَّوْبَيْنِ

4036. Dari Abu Burdah, dia berkata, "Aku menghadap Aisyah, kemudian dia memperlihatkan sarung tebal buatan Yaman dan sebuah pakaian yang mereka namakan Al Mulabbadah (yang nampak seperti ditambal-tambal), lalu dia bersumpah demi Allah bahwa Rasulullah SAW pernah memakai dua pakaian ini (sarung dari Yaman dan pakaian Al Muballadah)." (Shahih), 6/145

عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ قَالَ لَمَّا خَرَجَتْ الْحَرُورِيَّةُ أَتَيْتُ عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَقَالَ ائْتِ هَؤُلَاءِ الْقَوْمَ فَلَبِسْتُ أَحْسَنَ مَا يَكُونُ مِنْ حُلَلِ الْيَمَنِ قَالَ أَبُو زُمَيْلٍ وَكَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَجُلًا جَمِيلًا جَهِيرًا قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ فَأَتَيْتُهُمْ فَقَالُوا مَرْحَبًا بِكَ يَا ابْنَ عَبَّاسٍ مَا هَذِهِ الْحُلَّةُ قَالَ مَا تَعِيبُونَ عَلَيَّ لَقَدْ رَأَيْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحْسَنَ مَا يَكُونُ مِنْ الْحُلَلِ

4037. Dari Abdullah bin Abbas, dia berkata: Ketika (kelompok) Haruriyah pergi, aku datang menghadap Ali (bin Abu Thalib), dia (Ali) berkata, "Datanglah kepada kaum itu (wahai Ibnu Abbas)." Aku lalu memakai pakaian dan perhiasan yang paling baik dari negeri Yaman —Abu Zamil berkata: Ibnu Abbas adalah orang yang tampan rupawan— Aku pun datang kepada mereka, lalu mereka berkata, "Selamat datang wahai Ibnu Abbas. Perhiasan apa ini?" Aku menjawab, "Mengapa kalian mencemoohku? Aku melihat Rasulullah pernah memakai pakaian dan perhiasan yang lebih bagus (dari ini)." (Hasan sanadnya)