Riyadhus Shalihin -Imam An-Nawawi- Bab 85: Menjaga Rahasia

Posted by Unknown on Jumat, 19 April 2013


Nomor: 682

Dari Abu Said al-Khudri رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda:

"Sesungguhnya seburuk-buruknya manusia di sisi Allah dalam hal kedudukannya pada hari kiamat ialah seseorang lelaki yang menyetubuhi isterinya dan isterinya itupun menyet'ubuhinya, kemudian menyiar-nyiarkan rahasia isterinya itu," misalnya mengatakan pada orang lain perihal cara bersetubuhnya atau apa-apa yang dilakukan sebelum itu dan lain-lain. Hal ini termasuk dosa besar. (Riwayat Muslim)

Nomor: 683

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu 'anhuma bahwasanya Umar رضي الله عنه pada suatu ketika puterinya itu menjadi janda yakni Hafshah.

Umar berkata: "Saya bertemu Usman bin Affan, kemudian saya menawarkan padanya akan Hafshah, lalu saya berkata: "Jikalau anda suka, akan saya kawinkan anda dengan Hafshah binti Umar." Usman menjawab: "Akan saya fikirkan dulu persoalanku ini," - yakni suka mengawini atau tidaknya. Saya berdiam diri beberapa malam -maksudnya menantikan sampai beberapa hari, kemudian ia menemui saya lalu berkata: "Kini telah jelas dalam pendirian saya bahwa saya tidak akan kawin pada hariku ini." Selanjutnya saya bertemu dengan Abu Bakar as-Shiddiq رضي الله عنه lalu saya berkata: "Jikalau anda suka, saya akan mengawinkan anda dengan Hafshah binti Umar. Abu Bakar رضي الله عنه diam saja dan seterusnya ia tidak kembali padaku samasekali - yakni tidak memberikan jawaban apa-apa perihal ya atau tidaknya. Oleh sebab tidak menerima jawaban itu, maka saya lebih sangat marahnya kepada Abu Bakar daripada terhadap Usman. Selanjutnya saya berdiam diri beberapa malam, kemudian dipinangoleh Nabi صلی الله عليه وسلم lalu saya mengawinkan Hafshah itu kepada beliau صلی الله عليه وسلم

Setelah itu Abu Bakar menemui saya, kemudian iapun berkatalah: "Barangkali anda marah kepada saya ketika anda menawarkan Hafshah pada saya itu, tetapi saya tidak memberikan jawaban apapun pada anda?" Saya berkata: "Ya." Abu Bakar lalu berkata lagi: "Sebenarnya saja tidak ada yang menghalang-halangi saya untuk kembali - memberikan jawaban - kepada anda itu perihal apa yang anda tawarkan pada saya, hanya saja karena saya telah mengerti bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم pernah menyebut-nyebutkan Hafshah tadi -maksudnya beliau صلی الله عليه وسلم ada keinginan akan mengawininya. Maka oleh sebab itu saya tidak akan menyiar-nyiarkan rahasia Rasulullah صلی الله عليه وسلم itu. Andaikata beliau صلی الله عليه وسلم meninggalkannya - yakni tidak ada keinginan mengawininya, niscayalah saya menerimanya -yakni suka mengawininya. (Riwayat Bukhari)

Taayyamat yaitu menjadi tidak bersuami lagi - yakni janda, karena suaminya رضي الله عنه telah wafat. Wajad-ta artinya marah.

Nomor: 684

Dari Aisyah رضي الله عنها, katanya: "Kita semua para isteri Nabi صلی الله عليه وسلم sedang berada di sisi beliau صلی الله عليه وسلم itu. Kemudian menghadaplah puterinya yakni Fathimah رضي الله عنها dengan berjalan dan jalannya itu tidak ada salahnya samasekali - yakni sama persis - dari jalannya Rasulullah صلی الله عليه وسلم Ketika beliau صلی الله عليه وسلم melihatnya, beliaupun menyambutnya dengan baik dan bersabda: "Marhaban hai puteriku." Fathimah disuruhnya duduk di sebelah kanannya atau - menurut riwayat lain - di sebelah kirinya. Seterusnya Nabi صلی الله عليه وسلم membisikinya, lalu Fathimah menangis dengan tangisnya yang keras sekali. Setelah beliau صلی الله عليه وسلم melihat kegelisahan puterinya lalu dibisikinya sekali lagi, ialu Fathimah tertawa."

Saya - Aisyah - berkata kepada Fathimah: "Engkau telah diistimewakan oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم di antara sekalian isteri-isterinya dengan dibisiki, kemudian engkau menangis." Sesudah Rasulullah صلی الله عليه وسلم berdiri dari tempatnya, lalu saya - Aisyah - bertanya kepada Fathimah: "Apakah yang disabdakan oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم padamu itu?" Fathimah menjawab: "Saya tidak akan menyiar-nyiarkan apa yang dirahasiakan oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم"

Sesudah Rasulullah صلی الله عليه وسلم wafat, saya berkata kepada Fathimah: "Saya bersengaja hendak bertanya kepadamu dengan cara yang sebenarnya, supaya engkau meberitahukan kepadaku apa yang disabdakan oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم Fathimah menjawab: "Kalau sekarang, baiklah saya memberitahukan itu. Adapun yang dibisikkan oleh beliau صلی الله عليه وسلم pada pertama kalinya, yaitu beliau صلی الله عليه وسلم memberitahukan kepada saya bahwasanya Jibril dahulunya memberikan kepadanya wahyu dari al-Quran itu dalam setahun sekali, sedang sekarang dalam setahun diberikan dua kali. Beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya saya tidak mengetahui tentang datangnya ajalku itu, melainkan tentu sudah dekat. Maka dari itu bertaqwalah engkau dan bersabarlah, sesungguhnya saja sebaik-baiknya orang yang mendahului ialah saya mendahuluimu." Karena itu lalu saya menangis sebagaimana tangisku yang anda lihat dulu itu. Selanjutnya setelah beliau صلی الله عليه وسلم melihat betapa kegelisahan hatiku, lalu saya dibisikinya untuk kedua kalinya, lalu beliau bersabda: "Hai Fathimah, tidakkah engkau suka jikalau engkau menjadi penghulu -pemimpin - dari seluruh wanita dari kalangan kaum mu'minin atau penghulu dari seluruh wanita dari kalangan ummat ini?" Oleh karena itu, maka sayapun ketawa sebagaimana yang anda lihat dulu itu." (Muttafaq 'alaih. Ini adalah lafaznya Imam Muslim)

Nomor: 685

Dari Tsabit dari Anas رضي الله عنه, katanya: "Rasulullah صلی الله عليه وسلم mendatangi saya dan di waktu itu saya sedang bermain-main dengan beberapa orang anak. Beliau صلی الله عليه وسلم mengucapkan salam pada kita, kemudian menyuruh saya untuk sesuatu keperluannya. Oleh sebab itu saya terlambat mendatangi ibuku. Selanjutnya setelah saya datang, ibu lalu bertanya: "Apakah yang menahanmu - sampai terlambat datangnya ini?" Saya berkata: "Saya diperintah oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم untuk sesuatu keperluannya." Ibu bertanya: "Apakah hajatnya itu?" Saya menjawab: "Itu adalah rahasia." Ibu berkata: "Kalau begitu jangan sekali- kali engkau memberitahukan rahasia Rasulullah صلی الله عليه وسلم tersebut kepada siapapun jua."

Anas berkata: "Demi Allah, andaikata rahasia itu pernah saya beritahukan kepada seseorang, niscayalah saya akan memberitahukan hal itu kepadamu pula, hai Tsabit."

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, sedang Imam Bukhari meriwayatkan sebagian dengan diringkaskan.