Shahih Sunan Abu Daud Kitab SHALAT 319. Lailatul Qadar

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




عَنْ زِرٍّ قَالَ قُلْتُ لِأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَخْبِرْنِي عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ فَإِنَّ صَاحِبَنَا سُئِلَ عَنْهَا فَقَالَ مَنْ يَقُمْ الْحَوْلَ يُصِبْهَا فَقَالَ رَحِمَ اللَّهُ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَاللَّهِ لَقَدْ عَلِمَ أَنَّهَا فِي رَمَضَانَ زَادَ مُسَدَّدٌ وَلَكِنْ كَرِهَ أَنْ يَتَّكِلُوا أَوْ أَحَبَّ أَنْ لَا يَتَّكِلُوا ثُمَّ اتَّفَقَا وَاللَّهِ إِنَّهَا لَفِي رَمَضَانَ لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ لَا يَسْتَثْنِي قُلْتُ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَنَّى عَلِمْتَ ذَلِكَ قَالَ بِالْآيَةِ الَّتِي أَخْبَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ لِزِرٍّ مَا الْآيَةُ قَالَ تُصْبِحُ الشَّمْسُ صَبِيحَةَ تِلْكَ اللَّيْلَةِ مِثْلَ الطَّسْتِ لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ حَتَّى تَرْتَفِعَ

1378. Dari Zir, dia berkata, "Aku pernah berkata kepada Ubay bin Ka'ab, 'Beritahukanlah kepadaku tentang lailatul qadar wahai Abu Mundzir! Karena sesungguhnya sahabat kami (Ibnu Mas'ud RA) pernah ditanya tentang lailatul qadar. la lalu berkata, "Barangsiapa melakukan qiyamullail selama setahun penuh, dia akan mendapatkannya!" Kata Ubay, "Semoga Allah memberi rahmat kepada Abu Abdurrahman (Ibnu Mas'ud). Demi Allah, sungguh dia telah mengetahui bahwa lailatul qadr terjadi pada bulan Ramadhan. Tapi beliau tidak senang jika kalian hanya bergantung pada lailatul qadr. Atau dengan kata lain, dia menyukai supaya kalian tidak hanya bergantung kepada lailatul qadr. Demi Allah, sesungguhnya Lailatul Qadr itu benar-benar terjadi di bulan Ramadhan, yaitu pada taggal dua puluh tujuh -tanpa terkecuali-Saya berkata, "Wahai Abu Mundzirl, bagaimana engkau mengetahui hal itu? " Jawabnya, "Berdasarkan tanda yang diberitahukan oleh Rasulullah SAW." Aku berkata kepada Zir, "Apakah tandanya itu?" Beliau menjawab, "Matahari pada keesokan hari malam itu seperti baskom, tidak bercahaya, sampai ia meninggi. " {Hasan Shahih: Muslim)

عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُنَيْسٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كُنْتُ فِي مَجْلِسِ بَنِي سَلَمَةَ وَأَنَا أَصْغَرُهُمْ فَقَالُوا مَنْ يَسْأَلُ لَنَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَذَلِكَ صَبِيحَةَ إِحْدَى وَعِشْرِينَ مِنْ رَمَضَانَ فَخَرَجْتُ فَوَافَيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْمَغْرِبِ ثُمَّ قُمْتُ بِبَابِ بَيْتِهِ فَمَرَّ بِي فَقَالَ ادْخُلْ فَدَخَلْتُ فَأُتِيَ بِعَشَائِهِ فَرَآنِي أَكُفُّ عَنْهُ مِنْ قِلَّتِهِ فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ نَاوِلْنِي نَعْلِي فَقَامَ وَقُمْتُ مَعَهُ فَقَالَ كَأَنَّ لَكَ حَاجَةً قُلْتُ أَجَلْ أَرْسَلَنِي إِلَيْكَ رَهْطٌ مِنْ بَنِي سَلَمَةَ يَسْأَلُونَكَ عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ فَقَالَ كَمْ اللَّيْلَةُ فَقُلْتُ اثْنَتَانِ وَعِشْرُونَ قَالَ هِيَ اللَّيْلَةُ ثُمَّ رَجَعَ فَقَالَ أَوْ الْقَابِلَةُ يُرِيدُ لَيْلَةَ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ

1379. Dari Abdullah bin Unais, dia berkata, "Aku pernah menghadiri majlis bani Salamah, dan aku adalah orang yang paling muda di antara mereka. " Mereka berkata, "Siapakah yang akan menanyakan untuk kita kepada Rasulullah SAW tentang Lailatul Qadar? "Kejadian itu terjadi pada pagi hari tanggal dua puluh satu Ramadhan. Kemudian aku berangkat menemui Rasulullah SAW, aku dapati beliau sedang shalat Maghrib. Aku berdiri dekat pintu beliau, lalu beliau lewat depanku seraya berkata, "Silahkan masuk!" Aku pun masuk. Ketika itu makan malam beliau dihidangkan, beliau melihat aku seakan menahan diri karena hidangan beliau itu sedikit. Setelah selesai, beliau bersabda, "Tolong ambilkan sandalku!" Beliau berdiri, dan aku juga ikut berdiri bersama beliau, lalu beliau bersabda, "Sepertinya kamu mempunyai keperluan (datang ke sini)" Aku menjawab, "Benar, aku diutus oleh golongan bani salamah untuk bertanya kepada engkau tentang lailatul qadr. " Beliau bertanya, "Tanggal berapakah malam ini? "Akujawab, "Dua puluh dua!" Beliau bersabda, "(Lailatul qadar) itu malam ini" Kemudian ia kembali lalu bersaba, "Ataukah malam berikutnya?" maksud beliau, "Pada malam tanggal dua puluh tiga. " {Hasan Shahih)

عَنْ ابْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُنَيْسٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي بَادِيَةً أَكُونُ فِيهَا وَأَنَا أُصَلِّي فِيهَا بِحَمْدِ اللَّهِ فَمُرْنِي بِلَيْلَةٍ أَنْزِلُهَا إِلَى هَذَا الْمَسْجِدِ فَقَالَ انْزِلْ لَيْلَةَ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ فَقُلْتُ لِابْنِهِ كَيْفَ كَانَ أَبُوكَ يَصْنَعُ قَالَ كَانَ يَدْخُلُ الْمَسْجِدَ إِذَا صَلَّى الْعَصْرَ فَلَا يَخْرُجُ مِنْهُ لِحَاجَةٍ حَتَّى يُصَلِّيَ الصُّبْحَ فَإِذَا صَلَّى الصُّبْحَ وَجَدَ دَابَّتَهُ عَلَى بَابِ الْمَسْجِدِ فَجَلَسَ عَلَيْهَا فَلَحِقَ بِبَادِيَتِهِ

1380. Dari Abdullah bin Unais Al-Juhani, dia berkata, "Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah! Aku punya perkampungan yang aku tinggal di sana. Segala puji bagi Allah, aku mengerjakan shalat di sana. Karena itu perintahkanlah kepadaku di suatu malam yang pada malam itu aku dapat berkunjung ke masjid ini.'" Beliau bersabda, "Berkunjunglah pada malam dua puluh tiga. " Kata Muhammad bin Ibrahim (perawi Hadits ini), "Aku bertanya kepada anak Abdullah, 'Bagaimanakah ayahmu melakukannya?' Dia menjawab, 'Apabila hendak melakukan shalat Ashar, ia masuk ke dalam masjid, ia tidak akan keluar, kecuali hanya jika ada keperluan yang mendesak, hingga datang waktu shalat Shubuh. Setelah shalat Shubuh, ia menghampiri kendaraannya yang berada dekat pintu masjid, ia naiki kendaraannya itu, lalu ia pun pulang ke tempat tinggalnya. " {Hasan Shahih)

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ فِي تَاسِعَةٍ تَبْقَى وَفِي سَابِعَةٍ تَبْقَى وَفِي خَامِسَةٍ تَبْقَى

1381. Dari Ibnu Abbas RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Carilah Lailatul qadar itu pada sepuluh terakhir bulan ramadhan, yaitu pada malam tanggal dua puluh sembilan, malam tanggal dua puluh tujuh, dan malam tanggal dua puluh lima. "{Shahih: Bukhari)