Shahih Sunan Abu Daud Kitab SHALAT 367. Doa Mohon Perlindungan

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

1540. Dari Anas bin Malik RA, ia berkata, "Rasulullah SAW mengucapkan, Allaahumma innii a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wal jubni wal bukhli wal haram wa a'udzu bika min 'adzaabil qabri wa a'udzu bika min fitnatil mahya wal mamaat (Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, kecut hati, kikir dan pikun. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah (bencana) kehidupan dan kematian)'" (Shahih: Muttafaq Alaih)

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كُنْتُ أَخْدِمُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكُنْتُ أَسْمَعُهُ كَثِيرًا يَقُولُ اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَضَلْعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ وَذَكَرَ بَعْضَ مَا ذَكَرَهُ التَّيْمِيُّ

1541. Dari Anas bin Malik RA, dia berkata, 'Aku pernah melayani Nabi SAW, dan aku sering mendengar beliau mengucapkan, 'Allaahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan wa dhal'iddain wa ghalabatirrijaal (Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, terlilit hutang, dan kemenangan musuh. Selanjutnya dia menyebutkan sebagian Hadits At-Taimi pada no. (1484). {Shahih: Bukhari)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعَلِّمُهُمْ هَذَا الدُّعَاءَ كَمَا يُعَلِّمُهُمْ السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

1542. Dari Abdullah bin Abbas RA, bahwasanya Rasulullah SAW mengajarkannya doa ini, sebagaimana beliau mengajarkannya sebagian surah Al Qur'an. Beliau (Rasulullah SAW) mengucapkan, "Allaahumma inni a'udzu bika min 'adzabi jahannam wa a'udzu bika min 'adzabil qabri wa a'udzu bika min fitnati masihiddajjaal wa a'udzu bika min fitnatil mahya wal mamaat (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahanam, dari siksa kubur, dan dari bencana kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan bencana Dajal. Aku berlindung kepada-Mu dari bencana hidup dan mati. " (Shahih: Muslim)

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْعُو بِهَؤُلَاءِ الْكَلِمَاتِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ وَمِنْ شَرِّ الْغِنَى وَالْفَقْرِ

1543. Dari Aisyah RA, bahwasanya Nabi SAW berdoa dengan kalimat-kalimat ini, "Allaahumma inni a'udzu bika min fitnatin naar wa a'dzabin naari wa min syarril ghinaa wal faqri (Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari bencana api neraka, sika api neraka, dan kejahatan kekayaan dan kefakiran) " {Shahih: Mutafaq 'Alaihi)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْفَقْرِ وَالْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

1544. Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Allaahumma inni a'udzu bika minal faqri walqillah wadzdzillah, wa a'udzu bika min an azhlim au uzhlam (Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, sedikit kebaikan, dan kehinaan, dan aku berlindung kepada-Mu dari berlaku zhalim atau dizhalimi) " {Shahih)

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ مِنْ دُعَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحْوِيلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نَقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سُخْطِكَ

1545. Dari Ibnu Umar RA, dia berkata, "Diantara doa Rasulullah SAW adalah, Allaahumma inni a'udzu bika min Zawaali ni'matika wa tahwiili 'aafiyatika wafujaa'ati naqmatika, wa jami'i sakhatika (Wahai Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, pindahnya kesejahteraan-Mu, datangnya Murka-Mu dengan tiba-tiba, dan semua murka-Mu) " (Shahih)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُوعِ فَإِنَّهُ بِئْسَ الضَّجِيعُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخِيَانَةِ فَإِنَّهَا بِئْسَتِ الْبِطَانَةُ

1547. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, 'Rasulullah SAW biasa mengucapkan, Allaahumma inni a'udzubika minal juu'i fainnahu bi'sa dhdhaji'u, wa a'udzu bika minal khiyaanati fainnaha bi'satil bithaanah (Wahai Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena dia (kelaparan itu) sejelek-jelek teman untuk tidur, dan aku berlindung kepada-Mu dari khianat, karena khianat itu sejelek-jelek isi hati. "(Hasan).

أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْأَرْبَعِ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

1548. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Rasulullah SAW mengucapkan, 'Allaahumma inni a'udzu bika minal arba'i min illmin laa yanfa'u wamin qalbin laa yakhsya' wamin nafsin laa tasyba'u wa min du'aain laayusma' (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari empat perkara, yaitu: Dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu, darij iwa yang tidak kenyang, dan dari doa yang tidak dikabulkan) " (Shahih: Muslim)

أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ حَدَّثَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ صَلَاةٍ لَا تَنْفَعُ وَذَكَرَ دُعَاءً آخَرَ

1549. Anas bin Malik RA, bahwasanya Rasulullah SAW mengucapkan, "Allahumma inni a'udzu bika min shalaatin laa tanfa' (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari shalat yang tidak bermanfaat) " Beliau juga menyebutkan doa yang lain. (Shahih)

عَنْ فَرْوَةَ بْنِ نَوْفَلٍ الْأَشْجَعِيِّ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ عَمَّا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو بِهِ قَالَتْ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَمِلْتُ وَمِنْ شَرِّ مَا لَمْ أَعْمَلْ

1550. Dari Farwah bin Naufal Asyja'i, dia berkata, "Aku pernah bertanya kepada Aisyah Ummul mukminin tentang doa yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW. " dia berkata, "Beliau SAW mengucapkan, 'Allaahumma inni a'udzu bika min syarri maa'alimtu wa min syarri maa lam a'lam (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang aku ketahui, dan dari keburukan yang tidak aku kerjakan'. "(Shahih: Muslim)

شَكَلِ بْنِ حُمَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلِّمْنِي دُعَاءً قَالَ قُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِي وَمِنْ شَرِّ بَصَرِي وَمِنْ شَرِّ لِسَانِي وَمِنْ شَرِّ قَلْبِي وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي

1551. Dari Syakl bin Humaid, dia berkata, "Aku berkata, 'Wahai Rasulullah! Ajarkanlah kepadaku doa.'" Beliau besabda, "Ucapkanlah, 'Allaahumma innii a'udzu bika min syarri sam'i  wa min syarri bashari wamin syarri lisaani wamin syarri qalbi wamin syarri maniyyi (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari pendengaran-ku, keburukan penglihatanku, keburukan lisanku, keburukan hatiku, dan keburukan kemaluanku. " (Shahih)

عَنْ أَبِي الْيَسَرِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْعُو اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَدْمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ التَّرَدِّي وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْغَرَقِ وَالْحَرَقِ وَالْهَرَمِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

1552. Dari Abul Yasar, bahwasanya Rasulullah SAW biasa berdoa, "Allaahumma inni a'udzu bika minal hadmi, wa 'audzu bika minattaraddi, wa a'udzu bika minal gharaqi wal haraqi wal haram wa a'udzu bika anyatakhabbatani asy-syaithaan 'indal maut, wa a'udzu bika an amuuta fii sabiilika mudbiran wa a'udzu bika an amuta ladighan (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kehancuran, aku berlindung kepadamu dari kebinasaan. Aku berlindung kepadamu dari keterpurukan, kebakaran, dan kepikunan. Aku berlindung kepadamu dari mati berpaling dari engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari mati karena sengatan binatang yang berbisa. "{Shahih)

عَنْ أَبِي الْيَسَرِ زَادَ فِيهِ وَالْغَمِّ

1553. Dari Abu Yasar, ia menambahkan di dalamnya, "... walghammi (dan kesedihan) " (Shahih)

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئْ الْأَسْقَامِ

1554. Dari Anas bin Malik RA, bahwasanya Nabi SAW biasa mengucapkan, "Allaahumma inni a'udzu bika minal barash wal junuun wal judzaam, wa a'udzu bika min sayy'il asqaam (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan keburukan penyakit-penyakit yang lain) " (Shahih)