Shahih Sunan Abu Daud Kitab JIHAD 158. Pendapat Bahwa Pembagian Seperlima dibagikan sebelum Pemberian Tambahan Ghanimah

Posted by Unknown on Senin, 13 Mei 2013



عَنْ حَبِيبِ بْنِ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيِّ أَنَّهُ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنَفِّلُ الثُّلُثَ بَعْدَ الْخُمُسِ

2748. Dari Habib bin Maslamah Al Fihri: Dia berkata, "Rasulullah membagi tambahan ghanimah sepertiga setelah pembagian seperlima (dari ghanimah). (Shahih)

عَنْ حَبِيبِ بْنِ مَسْلَمَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُنَفِّلُ الرُّبْعَ بَعْدَ الْخُمُسِ وَالثُّلُثَ بَعْدَ الْخُمُسِ إِذَا قَفَلَ

2749. Dari Habib bin Maslamah: Rasulullah membagi tambahan seperempat setelah dibagi seperlima dan sepertiga setelah seperlima, ketika pulang (dari perang). (Shahih)

مَكْحُولًا يَقُولُ كُنْتُ عَبْدًا بِمِصْرَ لِامْرَأَةٍ مِنْ بَنِي هُذَيْلٍ فَأَعْتَقَتْنِي فَمَا خَرَجْتُ مِنْ مِصْرَ وَبِهَا عِلْمٌ إِلَّا حَوَيْتُ عَلَيْهِ فِيمَا أُرَى ثُمَّ أَتَيْتُ الْحِجَازَ فَمَا خَرَجْتُ مِنْهَا وَبِهَا عِلْمٌ إِلَّا حَوَيْتُ عَلَيْهِ فِيمَا أُرَى ثُمَّ أَتَيْتُ الْعِرَاقَ فَمَا خَرَجْتُ مِنْهَا وَبِهَا عِلْمٌ إِلَّا حَوَيْتُ عَلَيْهِ فِيمَا أُرَى ثُمَّ أَتَيْتُ الشَّامَ فَغَرْبَلْتُهَا كُلُّ ذَلِكَ أَسْأَلُ عَنْ النَّفَلِ فَلَمْ أَجِدْ أَحَدًا يُخْبِرُنِي فِيهِ بِشَيْءٍ حَتَّى لَقِيتُ شَيْخًا يُقَالُ لَهُ زِيَادُ بْنُ جَارِيَةَ التَّمِيمِيُّ فَقُلْتُ لَهُ هَلْ سَمِعْتَ فِي النَّفَلِ شَيْئًا قَالَ نَعَمْ سَمِعْتُ حَبِيبَ بْنَ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيَّ يَقُولُ شَهِدْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَفَّلَ الرُّبُعَ فِي الْبَدْأَةِ وَالثُّلُثَ فِي الرَّجْعَةِ

2750. Dari Makhul, dia berkata: Aku adalah seorang budak —di Mesir— milik seorang wanita dari Bani Hudzail, tetapi dia telah memerdekakanku. Aku tidak keluar dari Mesir yang terdapat ilmu, kecuali aku menghimpun semua hal yang telahku ketahui (selama di Mesir). Aku lalu pergi ke Hijaz dan tidak keluar dari Hijaz yang terdapat ilmu kecuali aku menghimpun semua hal yang telah kuketahui. Aku kemudian pergi ke Irak yang terdapat ilmu dan aku tidak keluar dari Irak kecuali aku mengumpulkan semua hal yang telah kuketahui. Aku lalu pergi ke Syam dan aku mengumpulkan semua hal yang aku ketahui. Semua ini (mengadakan perjalanan ke berbagai negara) aku lakukan guna mengetahui hukum tentang bagian tambahan harta ghanimah. Tetapi aku tidak menemukan orang yang dapat memberitahuku, hingga aku bertemu dengan seorang syaikh bernama Ziyad bin Jariyah At-Tamimi, aku bertanya kepada dia, "Apakah kamu pernah mendengar tentang tambahan ghanimah?" Dia menjawab, "Ya, aku mendengarnya dari Habib bin Maslamah Al Fihri, ia berkata, 'Aku melihat Nabi membagi menjadi seperempat (bagian ghanimah) pada permulaan dan sepertiga (bagian ghanimah) saat kepulangan'." (Shahih)