Shahih Sunan Abu Daud Kitab SUMPAH DAN NAZAR 19. Budak Perempuan yang Beriman

Posted by Unknown on Senin, 13 Mei 2013



عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ الْحَكَمِ السُّلَمِيِّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ جَارِيَةٌ لِي صَكَكْتُهَا صَكَّةً فَعَظَّمَ ذَلِكَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ أَفَلَا أُعْتِقُهَا قَالَ ائْتِنِي بِهَا قَالَ فَجِئْتُ بِهَا قَالَ أَيْنَ اللَّهُ قَالَتْ فِي السَّمَاءِ قَالَ مَنْ أَنَا قَالَتْ أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ قَالَ أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ

3282. Dari Mu'awiyah bin Hakam As-Sulami, katanya: aku berkata, "Wahai Rasulullah, aku telah memukul budak perempuanku! (Mendengar ini) beliau menggangap besar hal itu, lalu kukatakan pada beliau, "mungkinkah aku memerdekakannya?" Beliau bersabda, "Ajaklah ia datang kemari!"

Muawiyah berkata: Maka aku mengajaknya (menghadap Rasulullah). Beliau bersabda (kepada budak tadi), "Dimanakah Allah?" Budak itu menjawab, "Di langit." Beliau bersabda lagi, "Siapakah aku?" Budak menjawab, "Engkau adalah utusan Allah." Kemudian, beliau bersabda, "Merdekakan dia, sesungguhnya budak perempuan ini orang beriman. " (Shahih: Muslim) hadits disebutkan di depan dalam Judul: pembahasan tentang Shalat, bab mendoakan Orang yang Bersin.

عَنْ الشَّرِيدِ أَنَّ أُمَّهُ أَوْصَتْهُ أَنْ يَعْتِقَ عَنْهَا رَقَبَةً مُؤْمِنَةً فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمِّي أَوْصَتْ أَنْ أُعْتِقَ عَنْهَا رَقَبَةً مُؤْمِنَةً وَعِنْدِي جَارِيَةٌ سَوْدَاءُ نُوبِيَّةٌ فَذَكَرَ نَحْوَهُ

3283. Dari Syarid bahwa ibunya berwasiat kepadanya agar ia memerdekakan budak perempuan mukmin untuknya, kemudian ia datang kepada Nabi SAW, Syarid berkata, "Wahai Rasulullah, sesunggguhnya ibuku telah berwasiat kepadaku agar aku memerdekakan budak perempuan yang mukmin untuknya, sedangkan aku memiliki budak hitam nubiyah... (perawi melanjutkan hadits yang semisal di atas)." (Hasan Shahih)