Shahih Sunan Abu Daud Kitab JIHAD 160. Tambahan Ghanimah Emas dan Perak

Posted by Unknown on Senin, 13 Mei 2013



عَنْ أَبِي الْجُوَيْرِيَةِ الْجَرْمِيِّ قَالَ أَصَبْتُ بِأَرْضِ الرُّومِ جَرَّةً حَمْرَاءَ فِيهَا دَنَانِيرُ فِي إِمْرَةِ مُعَاوِيَةَ وَعَلَيْنَا رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ يُقَالُ لَهُ مَعْنُ بْنُ يَزِيدَ فَأَتَيْتُهُ بِهَا فَقَسَمَهَا بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَعْطَانِي مِنْهَا مِثْلَ مَا أَعْطَى رَجُلًا مِنْهُمْ ثُمَّ قَالَ لَوْلَا أَنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا نَفْلَ إِلَّا بَعْدَ الْخُمُسِ لَأَعْطَيْتُكَ ثُمَّ أَخَذَ يَعْرِضُ عَلَيَّ مِنْ نَصِيبِهِ فَأَبَيْتُ

2753. Dari Abu Juwairiyah Al Jarmi, dia berkata: Aku mendapat bejana besar berwarna merah di tanah Romawi, didalamnya terdapa dinar—pada kekuasaan Muawiyah— dan kami mempunyai teman laki-laki dari sahabat Nabi, dari Bani Sulaim —yang bernama Ma'n bin Yazid— kemudian aku membawanya kepadanya, dan dia lalu membagikannya kepada kaum muslim. Dia memberiku bagian sebagaimana dia memberi orang lain. Dia lalu berkata, "Seandainya aku tidak mendengar Rasulullah berkata, 'Tidak ada tambahan ghanimah kecuali sesudah dibagi seperlima, maka aku akan memberimu (tambahan)." Dia lalu mengambil bagiannya dan memperlihatkan (memberikannya) kepadaku, namun aku menolaknya. (Shahih)