Shahih Sunan Abu Daud Kitab SUMPAH DAN NAZAR 29. Orang yang Nadzar Untuk Bershadaqah dengan Hartanya

Posted by Unknown on Senin, 13 Mei 2013




عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي أَنْ أَنْخَلِعَ مِنْ مَالِي صَدَقَةً إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْسِكْ عَلَيْكَ بَعْضَ مَالِكَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ قَالَ فَقُلْتُ إِنِّي أُمْسِكُ سَهْمِيَ الَّذِي بِخَيْبَرَ

3317. Dari Ka'ab bin Malik, katanya: Aku berkata kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku bertaubat dengan melepaskan hartaku sebagai shadaqah pada Allah dan Rasul-Nya." Rasulullah SAW bersabda, "Tahanlah sebagian hartamu, itu lebih baik bagimu." Lalu aku berkata, "Sesungguhnya aku menahan bagianku yang ada di Khaibar." (Shahih: Muttafaq 'Alaih)

عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ تِيبَ عَلَيْهِ إِنِّي أَنْخَلِعُ مِنْ مَالِي فَذَكَرَ نَحْوَهُ إِلَى خَيْرٌ لَكَ

3318. Dari Ka'ab bin Malik bahwasanya ia berkata kepada Rasulullah SAW ketika ia bertaubat, "Sesungguhnya aku melepaskan dari hartaku... perawi menyebutkan seperti hadits di atas, sampai pada 'itu lebih baik bagimu." (Shahih: Muttafaq 'Alaih) lihat hadits sebelumnya.

عَنْ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ أَبُو لُبَابَةَ أَوْ مَنْ شَاءَ اللَّهُ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي أَنْ أَهْجُرَ دَارَ قَوْمِي الَّتِي أَصَبْتُ فِيهَا الذَّنْبَ وَأَنْ أَنْخَلِعَ مِنْ مَالِي كُلِّهِ صَدَقَةً قَالَ يُجْزِئُ عَنْكَ الثُّلُثُ

3319. Dari Ka'ab bin Malik, bahwasanya ia berkata kepada Rasulullah SAW, —atau Abu Lubabah, atau orang yang dikehendaki Allah—, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya termasuk taubatku adalah berhijrah dari kaumku, tempat aku melakukan dosa, dan mengeluarkan semua hartaku sebagai shadaqah." Rasulullah SAW menjawab, "Cukuplah kamu menyedekahkan sepertiganya" (Shahih) sanadnya.

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَعْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ فِي قِصَّتِهِ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي إِلَى اللَّهِ أَنْ أَخْرُجَ مِنْ مَالِي كُلِّهِ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ صَدَقَةً قَالَ لَا قُلْتُ فَنِصْفُهُ قَالَ لَا قُلْتُ فَثُلُثُهُ قَالَ نَعَمْ قُلْتُ فَإِنِّي سَأُمْسِكُ سَهْمِي مِنْ خَيْبَرَ

3321. Dari Ka'ab bin Malik... (dalam kisahnya), katanya: Aku berkata kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya termasuk taubatku kepada Allah adalah mengeluarkan semua hartaku kepada Allah dan Rasul-Nya sebagai shadaqah." Rasulullah SAW bersabda, "Jangan." Aku berkata, "Setengahnya?" Rasulullah SAW berkata, "Jangan." Aku berkata, "Sepertiganya?" Rasulullah SAW berkata, "Ya." Aku berkata, "Sesungguhnya aku akan menahan bagianku yang ada di Khaibar." (Hasan Shahih)