Shahih Sunan Abu Daud Kitab JIHAD 163. Pemimpin Terlindungi dengan Perjanjian

Posted by Unknown on Senin, 13 Mei 2013



عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا الْإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ بِهِ

2757. Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya seorang imam (pemimpin) laksana perisai yang digunakan untuk bertempur. " (Shahih: Muttafaq 'Alaih)

أَبَا رَافِعٍ أ قَالَ بَعَثَتْنِي قُرَيْشٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُلْقِيَ فِي قَلْبِي الْإِسْلَامُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي وَاللَّهِ لَا أَرْجِعُ إِلَيْهِمْ أَبَدًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي لَا أَخِيسُ بِالْعَهْدِ وَلَا أَحْبِسُ الْبُرُدَ وَلَكِنْ ارْجِعْ فَإِنْ كَانَ فِي نَفْسِكَ الَّذِي فِي نَفْسِكَ الْآنَ فَارْجِعْ قَالَ فَذَهَبْتُ ثُمَّ أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْلَمْتُ. قَالَ بُكَيْرٌ وَأَخْبَرَنِي أَنَّ أَبَا رَافِعٍ كَانَ قِبْطِيًّا

2758. Dari Abu Rafi', dia berkata: Orang Quraisy mengutusku kepada Rasulullah. Ketika aku melihat Rasulullah, tersirat di dalam hatiku niat untuk masuk Islam, maka aku berkata, "Ya Rasulullah, aku -demi Allah- tidak akan kembali kepada mereka selamanya." Rasulullah kemudian berkata, "Sesungguhnya aku tidak merusak perjanjian dan tidak menahan utusan, tetapi kembalilah. Jika (nanti) pada dirimu terjadi (sesuatu) seperti yang kamu alami sekarang, maka kembalilah!" Aku lalu pergi, tetapi kamudian datang kembali kepada Nabi dan masuk Islam.

Bukair (salah satu perawi) berkata: Aku dikabarkan bahwa Abu Raff adalah orang Qibti. (Shahih)