Shahih Sunan Abu Daud Kitab ZAKAT 12. Zakat Madu

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ جَاءَ هِلَالٌ أَحَدُ بَنِي مُتْعَانَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعُشُورِ نَحْلٍ لَهُ وَكَانَ سَأَلَهُ أَنْ يَحْمِيَ لَهُ وَادِيًا يُقَالُ لَهُ سَلَبَةُ فَحَمَى لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَلِكَ الْوَادِي فَلَمَّا وُلِّيَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ كَتَبَ سُفْيَانُ بْنُ وَهْبٍ إِلَى عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ يَسْأَلُهُ عَنْ ذَلِكَ فَكَتَبَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِنْ أَدَّى إِلَيْكَ مَا كَانَ يُؤَدِّي إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ عُشُورِ نَحْلِهِ فَاحْمِ لَهُ سَلَبَةَ وَإِلَّا فَإِنَّمَا هُوَ ذُبَابُ غَيْثٍ يَأْكُلُهُ مَنْ يَشَاءُ

1600. Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin Ash, dia berkata, "Hilal telah datang -salah seorang dari Bani Mut'an- kepada Rasulullah SAW dengan membawa sarang tawon yang ia miliki, dan dia telah memohon kepada Rasulullah SAW agar melindunginya untuk memiliki lembah, yang disebut lembah "Salabah ", dan tatkala Umar bin Khaththab RA dinobatkan menjadi khalifah, Sufyan bin Wahab menulis surat kepada Umar bin Khaththab menanyakannya tentang hal tersebut. Maka Umar RA menulis surat (kepadanya): "Jika ia telah mengeluarkan (zakat)nya kepadamu sebagaimana ia mengeluarkannya kepada Rasulullah SAW dari sarang tawonnya, maka lindungilah lembah "Salabah " miliknya, dan jika tidak, maka tawon itu tidak lain hanyalah serangga hujan, yang boleh dimakan oleh siapa saja ". (hasan)

عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ شَبَابَةَ بَطْنٌ مِنْ فَهْمٍ فَذَكَرَ نَحْوَهُ قَالَ مِنْ كُلِّ عَشْرِ قِرَبٍ قِرْبَةٌ وَقَالَ سُفْيَانُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيُّ قَالَ وَكَانَ يَحْمِي لَهُمْ وَادِيَيْنِ زَادَ فَأَدَّوْا إِلَيْهِ مَا كَانُوا يُؤَدُّونَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَحَمَى لَهُمْ وَادِيَيْهِمْ

1601. Dari Ibnu Amru, "Sesungguhnya Syababah (yang mempunyai julukan) orang yang sangat dalam pemahamannya... menyebutkan riwayat yang serupa dengan itu, " Beliau bersabda, "Dari setiap 10 qirab, zakat yang wajib keluarkan satu qirbah (tempat air dari kulit). " Dan di dalam riwayat lain, ia berkata, "Beliau telah melindungi dua lembah untuk mereka." Dan ia (perawi) menambahkan, "Mereka melaksanakan (mengeluarkan zakat madu) sebagaimana mereka melaksanakannya pada masa Nabi SAW. " (hasan)

أَنَّ بَطْنًا مِنْ فَهْمٍ بِمَعْنَى الْمُغِيرَةِ قَالَ مِنْ عَشْرِ قِرَبٍ قِرْبَةٌ وَقَالَ وَادِيَيْنِ لَهُمْ

1602. Dari Abdullah bin Amru bin Ash, sesungguhnya orang yang mempunyai julukan "Yang dalam pemahamannya" adalah "Mughirah", beliau (Nabi SAW) bersabda, "Sesungguhnya dua lembah itu untuk mereka. " (Hasan)