Shahih Sunan Abu Daud Kitab ZAKAT 29. Shadaqah Kepada Bani Hasyim

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




عَنْ أَبِي رَافِعٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ رَجُلًا عَلَى الصَّدَقَةِ مِنْ بَنِي مَخْزُومٍ فَقَالَ لِأَبِي رَافِعٍ اصْحَبْنِي فَإِنَّكَ تُصِيبُ مِنْهَا قَالَ حَتَّى آتِيَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْأَلَهُ فَأَتَاهُ فَسَأَلَهُ فَقَالَ مَوْلَى الْقَوْمِ مِنْ أَنْفُسِهِمْ وَإِنَّا لَا تَحِلُّ لَنَا الصَّدَقَةُ

1650. Dari Abu Rafi', Rasulullah SAW mengutus seseorang untuk mengumpulkan shadaqah dari Bani Makhzum, maka ia berkata kepada Abu Rafi', "Sertakanlah aku; maka kamu akan mendapatkan sebagian darinya, " dia berkata, "Tunggu sampai aku datang kepada Rasulullah SAW, aku akan tanyakan kepada beliau. " Ketika aku mendatanginya, aku bertanya kepadanya, maka beliau bersabda, "Budak sebuah kaum dari diri mereka sendiri, dan tidak dihalalkan bagi kami shadaqah (zakat). " (shahih.)

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَمُرُّ بِالتَّمْرَةِ الْعَائِرَةِ فَمَا يَمْنَعُهُ مِنْ أَخْذِهَا إِلَّا مَخَافَةَ أَنْ تَكُونَ صَدَقَةً

1651. Dari Anas, sesungguhnya Nabi SAW telah mendapatkan kurma yang tampak (di hadapannya), tidak ada yang mencegahnya dari mengambil kurma itu kecuali karena beliau takut kalau-kalau (kurma tersebut) adalah harta zakat (shadaqah). {shahih: Muslim)

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَمُرُّ بِالتَّمْرَةِ الْعَائِرَةِ فَمَا يَمْنَعُهُ مِنْ أَخْذِهَا إِلَّا مَخَافَةَ أَنْ تَكُونَ صَدَقَةً

1652. Diriwayatkan dari Anas, sesungguhnya Nabi SAW mendapatkan sebuah kurma, maka beliau bersabda, "Jikalau tidak karena aku takut kurma ini adalah shadaqah, maka aku telah memakannya ". (shahih.)

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ بَعَثَنِي أَبِي إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِبِلٍ أَعْطَاهَا إِيَّاهُ مِنْ الصَّدَقَةِ

1653. Dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Ayahku telah mengutusku kepada Rasulallah SAW dengan membawa seekor unta untuk diberikan kepadanya sebagai zakat. "(shahih)

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ نَحْوَهُ زَادَ أَبِي يُبَدِّلُهَا لَهُ

1654. Dari Ibnu Abbas... dengan riwayat yang seperti ini, tapi ia menambahkan, "la (Ibnu Abbas) menggantikan bapaknya dalam membayarnya (zakat unta). Shahih