Shahih Sunan Abu Daud Kitab SHALAT 350. Fatihatul Kitab (Al Fatihah)

Posted by Unknown on Rabu, 08 Mei 2013




عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِي

1457. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, 'Al Hamdu lillaahi rabbil 'aalamiin' adalah induk Al Qur'an, induk Al Kitab dan tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang. " (Shahih)

عَنْ أَبِي سَعِيدِ بْنِ الْمُعَلَّى أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِهِ وَهُوَ يُصَلِّي فَدَعَاهُ قَالَ فَصَلَّيْتُ ثُمَّ أَتَيْتُهُ قَالَ فَقَالَ مَا مَنَعَكَ أَنْ تُجِيبَنِي قَالَ كُنْتُ أُصَلِّي قَالَ أَلَمْ يَقُلْ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ } لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ مِنْ الْقُرْآنِ أَوْ فِي الْقُرْآنِ شَكَّ خَالِدٌ قَبْلَ أَنْ أَخْرُجَ مِنْ الْمَسْجِدِ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَوْلُكَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي الَّتِي أُوتِيتُ وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ

1458. Dari Abu Said Al Mu'alla RA, bahwasanya Nabi SAW pernah melewatinya ketika sedang shalat, lalu beliau memanggilnya. Kata Abu Said, 'Aku tetap melanjutkan shalat (tidak menghiraukannya), setelah itu aku datang kepada beliau." Katanya, "Beliau bertanya, 'Apa yang menghalagimu sehingga tidak memenuhi panggilanku?"" Jawab Abu Said, "Saya sedang shalat. "Beliau bersabda, "Bukankah Allah Azza wa Jalla berfirman, 'Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul, apabila Rasul menyuruh kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu...?' (Qs. Al Anfaal (8): 24) Sungguh aku akan mengajarimu sebuah surah yang paling agung dari Al Qur'an -atau dalam Al Qur*an-, sebelum aku keluar dari masjid ini." Katanya, 'Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, saya akan perhatikan sabda engkau!'" Beliau bersabda, "Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, adalah tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang yang diberikan kepadaku, dan ia merupakan (bagian) dari Al Qur'an yang paling Agung. " (Shahih: Bukhari)