Shahih Sunan Abu Daud Kitab JIHAD 134. Pembolehan Memisah Orang-Orang Dewasa

Posted by Unknown on Senin, 13 Mei 2013



إِيَاسُ بْنُ سَلَمَةَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ خَرَجْنَا مَعَ أَبِي بَكْرٍ وَأَمَّرَهُ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَغَزَوْنَا فَزَارَةَ فَشَنَنَّا الْغَارَةَ ثُمَّ نَظَرْتُ إِلَى عُنُقٍ مِنْ النَّاسِ فِيهِ الذُّرِّيَّةُ وَالنِّسَاءُ فَرَمَيْتُ بِسَهْمٍ فَوَقَعَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ الْجَبَلِ فَقَامُوا فَجِئْتُ بِهِمْ إِلَى أَبِي بَكْرٍ فِيهِمْ امْرَأَةٌ مِنْ فَزَارَةَ وَعَلَيْهَا قِشْعٌ مَنْ أَدَمٍ مَعَهَا بِنْتٌ لَهَا مِنْ أَحْسَنِ الْعَرَبِ فَنَفَّلَنِي أَبُو بَكْرٍ ابْنَتَهَا فَقَدِمْتُ الْمَدِينَةَ فَلَقِيَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لِي يَا سَلَمَةُ هَبْ لِي الْمَرْأَةَ فَقُلْتُ وَاللَّهِ لَقَدْ أَعْجَبَتْنِي وَمَا كَشَفْتُ لَهَا ثَوْبًا فَسَكَتَ حَتَّى إِذَا كَانَ مِنْ الْغَدِ لَقِيَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي السُّوقِ فَقَالَ يَا سَلَمَةُ هَبْ لِي الْمَرْأَةَ لِلَّهِ أَبُوكَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا كَشَفْتُ لَهَا ثَوْبًا وَهِيَ لَكَ فَبَعَثَ بِهَا إِلَى أَهْلِ مَكَّةَ وَفِي أَيْدِيهِمْ أَسْرَى فَفَادَاهُمْ بِتِلْكَ الْمَرْأَةِ

2697. Dari Salamah, dia berkata, "Kami keluar bersama Abu Bakar, dan Rasulullah mempercayakan dia sebagai pimpinan, maka berperanglah kami dengan kaum Fazarah. Kami menyerbu mereka dan ketika aku melihat orang-orang, banyak anak-anak dan perempuan, aku menghujani mereka dengan anak panah, maka di antara mereka ada yang terkena panah. Mereka berdiri dan aku menghampiri mereka untuk aku bawa kepada Abu Bakar. Di antara mereka ada perempuan dari kaum Fazarah yang terluka kulitnya, bersama perempuan itu seorang anak perempuan yang mempunyai wajah tercantik di Arab (waktu itu), dan Abu Bakar memberikan anaknya kepadaku, maka aku bawa ke Madinah dan (di sana) aku bertemu Nabi. Beliau berkata kepadaku, "Wahai Salamah, berikan wanita itu kepadaku" Aku menjawab, "Demi Allah, dia telah membuatku terpesona dan aku belum membuka pakaiannya (menggaulinya)?" Nabi terdiam,' lalu keesokan harinya aku bertemu Rasulullah di pasar, beliau berkata, "Wahai Salamah, berikan wanita itu kepadaku. Demi Allah, aku adalah (bagaikan) bapakmu" Aku menjawab, "Ya Rasulullah, demi Allah aku tidak membuka pakaian dia (menggauli dia). Dia adalah untuk Anda." Nabi pun mengirimnya kepada ahli Makkah dan di tangan mereka dia menjadi sandera, dan mereka menebus perempuan ini. (Hasan: Muslim)